Wisata Bunga Sakura Di Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ingin menikmati suasana musim semi seperti di Jepang? Dengan ditemani bunga-bunga sakura yang sedang mekar? Maka anda tidak perlu jauh-jauh hingga ke Jepang, karena di Indonesia sendiri juga ada taman bunga sakura yang tidak kalah indah dengan taman bunga sakura yang ada di Jepang. Berikut beberapa tempat di Indonesia yang memiliki taman bunga sakura :

    1. Waingapu (Sumba Timur)

    Sumba yang terkenal karena memiliki padang sabana yang luas ternyata juga memiliki Bunga Sakura bahkan jika anda berkunjung ke Desa Waingapu, anda akan melihat Bunga Sakura di sepanjang jalan menuju pedesaan di Waingapu. Oleh masyarakat setempat bunga ini dinamai Bunga Konjil.

    Tumbuhan ini termasuk tumbuhan liar yang tumbuh di sini dan uniknya tumbuh di daerah tanah yang kering, oleh karena itulah anda bisa melihat tumbuhan ini di pinggir jalan. Perbedaan yang paling mencolok antara Bunga Sakura di Jepang dengan Bunga Sakura Sumba adalah musim mekarnya. Di Jepang, Bunga Sakura akan bermekaran pada bulan Maret. Di Sumba sendiri bunga     ini akan bermekaran pada musim kemarau.

                2. Batam (Kepulauan Riau)

    Di daerah Batam sendiri juga memiliki tanaman Bunga Sakura sebagai ‘pemanis’ daerah kawasan industri. Kenapa disebut begitu? Karena tanaman ini tumbuh di kawasan industri Batam Indo, lebih tepatnya lagi di halaman Masjid Nurul Islam. Masyarakat sekitar menyebut nama tumbuhan ini dengan Tabebuya. Keunikan dari Bunga Sakura yang ada di Batam ini ialah mekar dengan waktu yang cukup lama yaitu selama tiga bulan yaitu pada bulan Maret hingga bulan Mei.

                3. Karanganyar (Jawa Tengah)

    Di Karanganyar juga terdapat tempat wisata yang berkonsep Bunga Sakura dengan nama Bukit Sakura Lawu. Berdasarkan namanya tempat ini terletak di lereng Gunung Lawu. Bukit Sakura Lawu merupakan tempat wisata baru yang baru diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo pada bulan Januari 2018. Terdapat sekitar 60 Pohon Sakura yang di tanam diatas lahan seluas 1,2 hektar.

    Karena termasuk wisata yang baru diresmikan, Bunga Sakura yang ada di sini masih dalam tahap perawatan dan Bunganya pun juga belum terlalu lebat. Untuk Bunga Sakura disini didatangkan lansung dari Jepang oleh pihak Perusahaan Toyota.

                4. Kebun Raya Cibodas (Bogor)

    Di daerah Kebun Raya Cibodas juga terdapat taman Bunga Sakura, yang   terletak di Taman Sakura. Disini terdapat lima jenis bunga sakura yaitu Prunus Yodoensis, Prunus Cerasoides, Prunus Yamasakura, Prunus Lannesiana dan Prunus Sp.

    Pohon Sakura yang bermekaran memiliki warna bunga pink pucat yang menawan dan elegan.  Walau tidak dapat mekar sepenuhnya seperti di Jepang, Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas ini memiliki kelebihan yaitu mekar hingga dua kali dalam satu tahun. Jika anda ingin mengunjungi pada saat musim mekar, anda bisa mengunjungi tempat ini pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

                5. Puspiptek (Tanggerang Selatan)

    Di Tanggerang sendiri Bunga Sakura terdapat di daerah Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek). Di Indonesia musim mekar Bunga Sakura rata-rata terjadi dua kali dalam satu tahun. Rata-rata pengunjung yang datang ke Puspitek ini adalah anak-anak sekolah yang sedang Tour Study, jangan khawatir karena anda juga bisa masuk dan melihat Bunga Sakura ini.

                6. Karangasem (Bali)

    Di Bali untuk beberapa lokasi ditanami ratusan bibit sakura sejak tahun 2012 yang lalu. Bunga Sakura yang ditanam disini merupakan jenis Bunga Sakura yang dapat bertahan di berbagai suhu, yaitu Bunga Sakura Yoko. Salah satu tempat yang menarik perhatian adalah Bunga Sakura di Kebun Raya Eka Karya.

    Itulah beberapa tempat di Indonesia yang juga memiliki Bunga Sakura, yang tidak kalah indah da unik dengan Bunga Sakura yang ada di Jepang. Bagaimana? Berminat untuk berkunjung?.

                           

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Bunga Sakura Di Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar