Masjid Agung An-Nur Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Masjid Agung An-Nur merupakan masjid yang berada di Kota Pekanbaru, masjid ini merupakan masjid terbesar dan termegah di propinsi Riau saat ini. Dari bangunan masjid Agung An-Nur ini dapat kita lihat betapa megahnya dan memiliki halaman yang begitu luas. Masjid Agung An-Nur Riau terletak di Jalan Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru Kota, Sumahilang, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28156.

    Masjid ini berdiri pada tanggal 27 Rajab H dan diresmikan oleh Arifin Ahmad selaku Gubernur Riau pada saat itu. Masjid Agung An-Nur ini bukanlah bangunan asli tetapi merupakan bagungan hasil renovasi dimana pernah melakukan renovasi pada tahun 2000 dan selesai pada tahun 2006 semasa Gubernur Riau Bapak Rusli Zainal. Masjid ini mempunyai tiga buah tangga yang di lengkapi dengan eskalator dan juga mempunyai sebuah aula., Pada masjid ini dapat kita lihat bahwa didominasi oleh warna hijau.

    Dulunya Masjid Agung An-Nur pernah menjadi kampus Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim Pekanbaru yang sekarangnya kampus ini bernama  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA)  Pekanbaru.

    Masjid Agung An-Nur mempunyai Arsitektur memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal  yang merupakan bangunan bersejarah di negeri India yang merupakan salah satu tujuan keajaiban dunia dan sering disebut sebagai Taj Mahalnya Riau satu kubah besar pada Masjid ini bentuknya khas melayu dimana pada kubah tersebut menyerupai gasing terbalik dengan warna hijau. Arsitektur masjid dirancang oleh Ir.Roseno dengan luas50 x 50 m yang terletak dalam satu pekarangan yang luasnya 400m x 200m dan dapat menampung sekitar 4.500 jamaah di dalamnya.

    Masjid Agung An-Nur  pada tahun 2000 luas lahan bertambah menjadi tiga kali lipat dari sebelumnya hanya mempunyai luas 4 hektar bertambah menjadi 12,6 hektar dan lapangan yang luas dengan taman dan hamparan hijau, Luasnya lahan ini memberikan keleluasaan bagi penyedia lahan untuk masyarakat Pekanbaru. Banyak sekali masyarakat kota Pekanbaru memanfaatkan lapangan yang luas ini untuk melakukan aktivitas olahraga setiap pagi dan sore hari dan saat ini untuk yang ke masjid ini tidak hanya sekedar kegiatan ibadah saja melainkan bisa untuk berolahraga bahkan menjadi tempat sopt untuk berfoto selfie maupun wefie atau untuk ngumpul-ngumpul bareng keluarga ataupun nongkrong bareng teman-teman. Pada taman masjid ini terdapat pula pohon kurma yang berhasil berbuah walaupun hanya satu-satu.

    Masjid ini memiliki empat menara yang melambangkan empat sahabat Rasulullah yang mengawali perjuangan Islam, terdiri dari dua tingkat dimana pada tingkat atas digunakan untuk sholat dan tingkat bawah untuk ruangan pertemuan atau kantor. Masjid ini mempunyai tiga buah tangga dan 2 buah tangga muka dan 2 buah tangga samping. Di bagian atas ada 13 pintu dan pada bagian bawah 4 buah pintu.  Pada lantai bawah masjid terdapat ruangan remaja masjid, kelas pendidikan Islam  dan sekretariat masjid.

    Masjid Agung An-Nur memiliki fasilitas yang lumayan sangat bermanfaat seperti fasilitas hotspot gratis dan free login tanpa harus memasukkan password, jadi anda bisa menikmati Wifi sepuasnya, selian itu lahan parkir Masjid Agung An-Nur sangat luas, untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Masjid ini dilengkapi juga dengan fasilitas pendidikan mulai dari TK,SD, SMP dan SMA, selain itu kegiatan yang dilaksanakan juga beragam seperti kajian subuh, prosesi mualaf, belajar tadarus quran dan kegiatan lainnya. Di sini juga ada Ikatan remaja Masjid An-Nur (IRMA) yang banyak melakukan kegiatan lain seperti berwirausaha dan lain-lain.

    Selain itu acara yang cukup membuat jemaah tertatik yaitu adanya program I’tikaf diMasjid Agung An-Nur ini selama bulan suci Ramadhan yang banyak sekali diikuti oleh jemaah. Pada Ramadhan lalu banyak sekali jemaah yang ikut tercatat diikuti oleh 2470 jemaah, merupakan sebuah program yang meriah tentunya.(Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masjid Agung An-Nur Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar