Tradisi Bakonji Barayak, Kuliner Tradisional di Kuantan Singingi

Daftar Isi

    Gubernur Riau Drs H Syamsuar ikut membuat kuliner khas Kuantan Simgingi, Bakonji Barayak.(ft:humas Pemprov Roau)

    LANCANGKUNING.COM, KUANSING-Masing-masing daerah memiliki nama yang berbeda, meski secara sekilas rasa dan bentuknya hampir sama. Dodol, gelamai atau sejenisnya sesuai penamaan di daerah masing-masing.

    Di Kabupaten Kuantan Singingi, salah satu kabupaten di Riau juga ada kuliner serupa, disebut Bakonji Barayak

    Hidangan yang keluar dan dimasak pada hari-hari tertentu, seperti menyambut tamu dan kegiatan adat lainnya. Seperti dalam kunjungan Gubernur Riau Drs H Syamsuar ke Desa Pulau Mungkur, Kuantan Singingi, Sabtu (2/9/2023).

    Syamsuar turut mencicipi konji barayak. Konji Barayak merupakan kuliner tradisional daerah Kuansing.

    "Buburnya bertekstur kenyal yang menyerupai cendol, dengan kuah santan kental bercita rasa manis sungguh istimewa di hati masyarakat Kuansing," kata Syamsuar.

    Ia menjelaskan bahwa tradisi bakonji merupakan kekayaan budaya yang patut dilestarikan. Selain rasa kuliner yang nikmat, penyajiannya pun masih tradisional dengan mangkok dari daun pisang.

    "Tradisi bakonji merupakan kegiatan yang dilakukan oleh emak-emak untuk memasak secara bersama, semangat gotong royong mengesampingkan individualisme, mengedepankan suka cita bersama tentunya menjadi salah satu kekuatan untuk membangun Riau lebih baik," imbuhnya.

    Rasa manis dari Konji Barayak benar-benar menggambarkan betapa manisnya suasana kebersamaan. Nilai inilah yang tidak dimiliki makanan kekinian.

    Maka sudah sepantasnya masyarakat lebih menghargai dan mengenal makanan tradisional yang sarat akan makna ini. Soal cita rasa dijamin tidak akan kecewa. Saat menyantapnya, Konji Barayak menjamin akan memberikan cita rasa yang begitu kaya

    "Encik puan kalau ke Kuansing jangan lupa cicipi, ya," ucap Gubernur Syamsuar.

    Cara membuat Konji Barayak ini sangatlah mudah. Terdiri dari bahan-bahan yang sangat mudah didapat. Bahan utamanya adalah tepung beras, gula pasir, garam, air, dan santan. Bisa dilengkapi dengan kapur sirih dan daun pandan.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tradisi Bakonji Barayak, Kuliner Tradisional di Kuantan Singingi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar