Penari se-Tapal Kuda Ikut Semarakkan Madura Culture Festival 2023

Daftar Isi

    Penari-penari yang ikut menyemarakkan Madura Culture Festival 2023.(ft:iNewsSurabaya.id)

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Ribuan penari akan turut menyemarakkan Madura Culture Festival 2023 yang akan digelar di Stadion A. Yani, Kecamatan Panglegur, Kabupaten Sumenep, Madura.

    Ini juga menjanjikan pesta rakyat yang spesial. Festival ini akan menampilkan berbagai macam tarian tradisional Madura, serta berbagai macam kuliner dan kerajinan khas Madura.

    Pergelaran bertajuk 'Soul of Madura' ini merupakan salah satu agenda kegiatan dalam Kalender Wisata Sumenep 2023 yang akan diikuti oleh penari di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur, tepatnya dari Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Situbondo, Lumajang, Pasuruan, Probolinggo dan beberapa wilayah lainnya.

    Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, mengatakan bahwa Madura Culture Festival 2023 bertujuan untuk mempromosikan budaya Madura kepada masyarakat luas. Ia pun mengundang penari dari wilayah Tapal Kuda Jawa Timur ke festival ini.

    "Penari se-Tapal Kuda kita hadirkan dalam rangka memeriahkan Sumenep Culture Festival Soul of Madura yang merupakan bagian dari Kalender Event Sumenep 2023," ujarnya, Rabu (23/8/2023).

    Cak Fauzi, sapaan akrabnya, mengatakan para penari dari masing-masing wilayah di Tapal Kuda menampilkan atraksinya secara estafet. Salah satunya dari wilayah Banyuwangi yang tampil sebagai pembuka acara Mandura Culture Festival dan kemudian disusul oleh penari dari daerah lainnya.

    "Masing-masing grup dibatasi durasi maksimal 10 menit. Baik tari maupun band lokal yang pernah membawa nama baik Sumenep dan saat ini, sebagian dari personilnya ada di luar Madura. Saltis dan Nuki di antaranya," jelasnya.

    Sebagian penonton dari acara tersebut merupakan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Cak Fauzi mengatakan, keikutsertaan siswa SMP dan SMA bertujuan untuk mengenalkan budaya tari yang ada di Tapal Kuda, Jawa Timur

    Ia menambahkan, event Madura Culture Festival itu diharapkan dapat memberdayakan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

    Panitia acara pun akan melibatkan sebanyak 200 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Sumenep yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Madura, seperti sate Madura, lontong sayur Madura, dan rujak Madura.

    Selain itu, juga hadir bergam produk khas lainnya seperti batik Madura, kerajinan anyaman, dan kerajinan logam. Ia pun berharap festival ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya.

    "Pelaku usaha terus kita ikut sertakan dalam setiap momentum. Untuk apa, tentunya pemberdayaan ekonomi masyarakat Sumenep," kata dia.

    Cak Fauzi berharap seluruh pelaku usaha di masing-masing wilayah agar terus berperan aktif dalam mengembangkan usahanya.

    "Kita sangat peduli atas kesejahteraan ekonomi masyarakat. Makanya selalu kita dorong," katanya lagi.(rie)

    sumber:CNNIndonesia.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penari se-Tapal Kuda Ikut Semarakkan Madura Culture Festival 2023
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar