Mendagri Kumpulkan Gubernur se-Indonesia, Ada Apa?

Daftar Isi

    Gubernur se-Indonesia foto bersama dengan Mendagri

    LANCANGKUNING.COM,JAKARTA-Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengumpulkan Gubernur se-Indonesia di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (11/7/23). 

    Pertemuan ini merupakan Rapat Koordinasi Nasonal (Rakornas) Kick off Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) 2023.

    Mendagri menyampaikan visi Presiden RI Joko Widodo sejak periode pertama menjabat sebagai Presiden adalah membangun dari pinggiran. 

    Tito Karnavian menambahkan, di awal menjabat juga membentuk khusus menteri yang menangani desa, yakni Kemendes PDTT yang di kabinet-kabinet sebelumnya belum pernah ada.

    "Dan yang lebih amat berarti untuk desa adanya alokasi Dana Desa semenjak tahun 2015 lebih kurang setiap tahun Rp70 triliun," ucapnya. 

    Dia mengharapkan dengan berkembangnya desa, maka taraf hidup masyarakat semakin meningkat, lapangan pekerjaan juga terbuka lebar. 

    "Saya mohon kepada bapak-bapak dan ibu-ibu dapat mendukung program ini (membangun dari pinggiran)," lanjutnya. 

    Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan dari awal dia bertugas sebagai Gubernur, telah konsen untuk membangun desa di Riau. 

    Gubri Syamsuar mengungkapkan, Provinsi Riau sudah tidak lagi memiliki Desa Sangat Tertinggal dan Desa Tertinggal berdasarkankan pengklasifikasian desa yang dilakukan oleh Kementerian Desa PDTT RI 2023.

    Sebagaimana dikutip dari laman website www. idm.kemendes.go,id. Riau telah berhasil menuntaskan Desa Sangat Tertinggal dan Desa Tertinggal serta berhasil menaikkan status desa menjadi Desa Maju dan Mandiri dengan jumlah Desa Mandiri mencapai 590 desa dan Desa Maju sebanyak 570 desa.

    Status Indeks Desa membangun (IDM) Provinsi Riau sebagai status perkembangan desa telah meningkat dari status desa Berkembang pada tahun 2022 menjadi Maju pada tahun 2023, dengan mengalami peningkatan peringkat dari 17 menjadi peringkat ke-6 dari 36 provinsi di Indonesia.(rie)

    .

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mendagri Kumpulkan Gubernur se-Indonesia, Ada Apa?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait