Komisi II DPRD Riau Ingatkan Jaga Pasokan dan Kesehatan Hewan Kurban

Daftar Isi

    Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau Zulfi Murshal

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 2023 di Provinsi Riau, Komisi II DPRD Riau mengingatkan pasokan hewan Kurban untuk Provinsi Riau tetap terjaga.

    Tidak hanya itu, dikatakan Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau Zulfi Murshal, kondisi kesehatan hewan kurban juga harus terjaga, terutama mewaspadai penyakit kuku dan mulut serta penyakit sapi ngorok yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. 

    "Pasokan hewan kurban masuk ke Riau harus terkontrol. Kemudian pasokannya juga harus dipastikan tidak berkurang. Kami berharap pantauan serta peran aktif koordinasi segala sesuatu dengan segala lini untuk dapat bekerjasama untuk Idul Adha ini," katanya, Selasa (6/6/2023) di Pekanbaru.

    Diketahui kebutuhan hewan kurban di Provinsi Riau untuk Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah atau tahun 2023 mencapai 49.367 ekor.Sedangkan ketersediaan hewan kurban sendiri terdapat 51.688 ekor. Artinya ketersediaan hewan kurban seperti sapi dan kerbau di Bumi Lancang Kuning masih aman. Hanya saja untuk kerbau hanya terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kampar.

    Hewan Kurban yang ada di salah satu penampungan di Kota Pekanbaru

    Zulfi Murshal juga mengatakan sejauh ini dirinya telah menerima laporan dari Dinas Perternakan yang terus melakukan kontrol terhadap pasokan dan kesehatan hewan kurban.

    Dinas Peternakan juga diminta untuk melakukan pantauan dan berkoordinasi dengan daerah yang terpapar dan masuk ke dalam zona merah, diharapkan dapat diverifikasi kembali.

    "Datanya itu ada di Pemprov. Kami berharap masyarakat tidak sulit mendapatkan hewan kurban bisa mengontrol dan menjamin kesehatan hewan kurban," sebutnya.

    Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau Herman mengatakan, jika pihaknya sudah melakukan rapat bersama Dinas Peternakan Kabupaten Kota membahas ketersediaan hewan kurban di daerah.

    "Laporan dari kabupaten kota, ketersediaan hewan kurban di Riau terdapat 51.688 ekor, sedangkan kebutuhan hewan kurban diprediksi mencapai 49.367 ekor. Artinya stok atau ketersediaan hewan kurban di Riau tahun ini aman," kata Herman.

    Herman menjelaskan, dari ketersediaan 51.688 ekor hewan kurban tersebut, 30 persen merupakan sapi lokal. Sementara sisanya didatangkan dari luar provinsi Riau.Seperti dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Timur.(adv)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komisi II DPRD Riau Ingatkan Jaga Pasokan dan Kesehatan Hewan Kurban
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar