Kabupaten Bengkalis  Berstatus Siaga Darurat Karhutla Hingga September 2023

Daftar Isi

    Foto: Kalaksa BPBD Bengkalis, Hadi Prasetyo saat mengisi Dialog di RRI Bengkalis Terkait Karhutla

     

     

    Lancang Kuning, BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menetapkan Siaga Darurat untuk bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) tahun 2023, mulai selasa, 13 februari sampai September 2023. Hal ini sesuai keputusan hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Hang Jebat, Kantor Bupati Bengkalis, Senin, 13 februari 2023.

    Penetapan siaga darurat karhutla ditetapkan agar upaya kesiapsiagaan dalam menghadai kemungkinan terjadinya karhutla tertangani dengan segera, dengan ditetapkannya status siaga darurat karhutla maka akan disiapkan pos siaga diwilayah yang rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan di kabupaten bengkalis.

    Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulanag Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis hadi Prasetyo mengatakan rakor penetapan turut di hadiri seluruh unsur forkopimda, seperti dandim 0303/Bengakalis, Kapolres Bengkalis diwakili Kabag.Ops dan ditetapkan Bupati Bengkalis di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Andris Wasono.

    “Senin kemarin kita (pemkab bengkalis,red) sepakat bersama forkopimda telah menatapkan siaga darurat karhutla hingga September 2023, karena berdasarkan prediksi BMKG, cuaca panas akan makin meningkat puncaknya pada bulan mei-juni” ucap Hadi, usai mengisi dialog di RRI Bengkalis, selasa (14/2/23).

    Saat ini ada 7 kejadian karhutla di Kabupaten Bengkalis, diantaranya di Kecamatan Mandau, Bandar Laksamana dan Kecamatan Bathin Solapan. Meski ditetapkan status siaga darurat karhutla, masih ada wilayah di Kabupaten Bengkalis yang terdampak banjir yakni di Kecamatan Siak Kecil.

    “memeng kita merasa anomaly di kecamatan siak kecil masih hujan dan masih banjir di beberapa desa, tapi intensitasnya sudah menurun tidak seperti kemarin dan sudah tidak ada posko pengungsian, dan kondisi hujan akan semakin berkurang pada bulan maret dan April” ucap Hadi lagi.

    Masyarakat diingatkan untuk tetap waspasda karhutla dengan tidak membakar sembarangan atau membuka lahan dengan membakar serta mewaspadai puntung rokok yang bisa menjadi penyebeb kebakaran hutan dan lahan, untuk itu masyarakat di himbau untuk waspada sehingga tidak terdampak tindakan hukum. (LK/Fz) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kabupaten Bengkalis  Berstatus Siaga Darurat Karhutla Hingga September 2023
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar