Wisata Ulu Kasok dan Sungai Gulamo Kampar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Provinsi Riau memang menjadi salah satu daerah untuk berwisata alam. Baru-baru ini Kabupaten Kampar, Provinsi Riau membuka sebuah wisata alam yang baru, dimana wisata alam yang baru dibuka ini sangat menarik untuk dilihat kenapa? Karena tempat wisata alam satu ini akan menyuguhkan anda sebuah pemandangan yang unik, yaitu pemandang seperti di Raja Ampat yang ada di Papua Barat, karena anda akan melihat beberapa pulau yang terletak di tengah bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang.

    Wisata Ulu Kasok

    Wisata baru ini lebih tepatnya terletak di Desa Palu Gadang, Kecamatan XIII, Koto Kampar. Wisata alam baru ini dinamakan dengan nama Ulu Kasok. Karena pemandangan alamnya yang seperti Raja Ampat, wisatawan yang pernah datang ke tempat ini akan menyebut Ulu Kasok sebagai Raja Ampat-nya Kampar. Apabila anda ingin ke tempat ini, dari Kota Pekanbaru, anda hanya memerlukan waktu satu setengah jam apabila jalanan tidak dalam kondisi padat, karena biasanya apabila memasuki musim liburan tempat ini akan sangat ramai oleh pengunjung yang datang dari berbagai tempat sehingga terkadang membuat jalanan menjadi padat.

    Tempat wisata alam Ulu kasok menyajikan tiga objek wisata yaitu Air Terjun Ulu Kasok, berkeliling pulau menggunakan SpeedBoat, dan puncak Ulu Kasok. Puncak Ulu Kasok inilah yang menjadi tempat favorit oleh wisatawan, karena dari atas akan terlihat keindahan dari Raja Ampat Kampar ini sehingga sering dijadikan sebagai objek berfoto oleh para wisatawan, hanya saja untuk sampai ke puncak Ulu Kasok, anda harus berjalan kaki untuk mendaki lebih dari 500 m  untuk mencapai puncak Ulu Kasok ini.

    Untuk memasuki Ulu Kasok anda hanya perlu membayar uang parkir motor Rp.10.000 untuk wisatawan yang ingin berlama lama disana, tempat ini juga menyediakan fasilitas pondok yang sudah diberi tikar.

    Wisata Sungai Gulamo

    Bukan hanya wisata Ulu Kasok yang memiliki pemandangan yang indah seperti di Raja Ampat, di Kampar juga terdapat wisata Sungai Gulamo. Tempat ini terletak di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar. Apa yang menarik dari Sungai Gulamo ini? Apakah anda pernah mendengar objek wisata Green Canyon di Jawa Barat atau Grand Canyon Sungai Colorado di daerah utara Arizona Amerika Serikat? Ya, tempat ini sangat mirip dengan Green Canyon dan juga Grand Canyon.

    Pemandang ala Green Canyon dengan batu-batu cadas yang keras, air yang tenang dan mengalir, dan air terjun akan tersaji untuk anda. Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, memang terkenal dan bahkan dijuluki dengan negeri seribu air terjun. Hanya saja tempat lokasi wisata yang lain belum ter-ekspos hingga keluar daerah. Objek wisata ala mini berada di bawah pengawasan PLTA Koto Panjang.

    Agar bisa sampai ke tempat ini, dari Kota Pekanbaru, membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan melewati jembatan 1 di Desa Tanjung Alai. Jika sudah sampai di jembatan 1 perjalanan anda akan dilanjutkan dengan menggunakan perahu motor dengan waktu sekitar 1 jam dimana kita bisa melihat aktivitas petani keramba yang sedang mencari ikan dan melihat suasana Danau Waduk PLTA Koto Panjang. Anda dapat menaiki perahu kayu tersebut dengan Rp.750.000 dengan kapasitas maksimal 9 orang.

    Setelah selesai menikmati suasana Danau Waduk PLTA Koto Panjang selama 1 jam, akhirnya anda akan sampai ke tempat tujuan anda yaitu Kawasan Sungai Gulamo. Dengan tebing-tebing yang terjal dan ditumbuhi berbagai macam tumbuhan akan memanjakan mata anda.

    Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi dua objek wisata yang ada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau tersebut?.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Ulu Kasok dan Sungai Gulamo Kampar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar