Besok 1 Juni Akan Diumumkan Sebagai Hari Lahir Pancasila, Apakah Jadi Hari Libur Nasional?

Daftar Isi

    Presiden telah memutuskan bahwa 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Meskipun rencananya besok Keppres tersebut akan diumumkan, Rabu 1/6/2016 sebagai Hari Lahirnya Pancasila oleh Presiden Jokowi di Bandung, seperti yang dikatakan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi Sapto Pribowo, "Penentuan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila akan diumumkan besok melalui Keppres," kata Johan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (31/5/2016) Seperti yang dilansir oleh Tribun.(tribunnews.com)

    Johan mengatakan, keputusan tersebut nantinya akan dituangkan ke dalam Keputusan Presiden (Keppres) yang telah ditandantangi oleh Presiden. Apakah hari peringatan nasional tersebut akan menjadi hari libur nasional atau tidak, Johan mengaku dirinya belum bisa memastikan itu. "Soal apakah 1 Juni itu libur atau tidak, sebagai hari libur nasional ataukah tidak, saya masih belum dapat informasi," kata Johan. 

    Sebagaimana dilansir dari kompas, Johan belum mengetahui pasti apakah Keppres tersebut turut mengatur 1 Juni sebagai hari libur nasional. Namun, ia memastikan, jika memang 1 Juni dijadikan libur nasional, hari libur itu tidak akan langsung berlaku besok. "Kalaupun 1 Juni dijadikan hari libur, berlakunya akan tahun depan," ucap Johan. (kompas.com)

    Begitu juga dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah belum memutuskan bahwa Hari Kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni akan menjadi hari libur nasional. "Sejauh ini, saya belum tahu karena harus dirapatkan antar menteri dan diputuskan melalui Keppres, dan sejauh ini belum ada," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (30/5/2016).

    Adapun menurut Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pemerintah tengah menyiapkan rancangan Peraturan Presiden tentang penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya libur nasional. Pramono Anung menambahkan bahwa rancangan Perpres yang mengatur hal itu tersebut masih difinalisasi. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Besok 1 Juni Akan Diumumkan Sebagai Hari Lahir Pancasila, Apakah Jadi Hari Libur Nasional?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar