Diwakili Asisten l, Pelatihan Pengolahan Sabut Kelapa di Inhil Resmi Dibuka

Daftar Isi

    Foto: Bupati Inhil yang diwakili asisten l bidang pemerintahan dan Kesra Setda Inhil saat menyampaikan sambutan 

     


    Lancang Kuning, INHIL - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Pelatihan Pengolahan Sabut Kelapa Kabupaten Inhil Tahun Anggaran 2022 di Aula Hotel Inhil Pratama, Selasa (23/08/2022) malam. 

    Pelatihan pengolahan sabut kelapa tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Inhil H. Tantawi Jauhari. 

    Hadir juga dalam kesempatan, Kadis PMD dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, para narasumber dan para pendamping serta 45 orang peserta pelatihan yang terdiri dari anggota BUMDES Kecamatan dan Desa se Kabupaten Inhil. 

    Tujuan diselenggarakannya pelatihan pengolahan sabut kelapa ini yaitu agar panitia memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam membantu agar tahapan kegiatan pelatihan pengolahan sabut kelapa pada tahun ini dapat berjalan lancar dan terlaksana secara profesional. 

    Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten H. Tantawi Jauhari mengatakan pelatihan pengolahan sabut kelapa ini merupakan momen yang sangat penting agar semua pihak memahami dan bisa mengambil peran dalam pengelolaan potensi kelapa di Kabupaten Inhil. 

    Berbagai produk dengan desain yang unik dan berkualitas dapat dibuat dari bagian-bagian pohon kelapa. Pohon kelapa memiliki banyak manfaat, terutama di bidang interior, furniture, dan kerajinan interior. 

    Lebih lanjut dikatakan Bupati, sabut kelapa merupakan salah satu komponen buah kelapa yang bila diolah dan diurai dapat menjadi produk yang dibutuhkan bagi pasar domestik dan bahkan menjadi produk bernilai ekspor tinggi. 

    "Namun demikian, sabut kelapa seakan terbuang dan tidak dibutuhkan, padahal apabila dikelola dengan optimal, akan menjadi produk dengan nilai ekonomi yang tinggi," ucap Asisten l. 

    "Untuk itu, kami menginginkan dengan dikelolanya produk turunan sabut kelapa ini oleh BUM Desa maka selain dapat membantu masyarakat, memberdayakan masyarakat yang ada di Desa bahkan nantinya juga akan dapat meningkatkan APBDESA melalui kontribusi BUM Desa dalam bentuk PADes," harap Bupati HM Wardan. (LK/ADV)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Diwakili Asisten l, Pelatihan Pengolahan Sabut Kelapa di Inhil Resmi Dibuka
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar