Dua Helikopter Water Boombing Siaga di Dumai

Daftar Isi


     

    Foto: Ilustrasi




    Lancang Kuning, PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyiagakan dua helikopter water boombing jenis MI 8 dan Kamov di Kota Dumai. 

    Dua helikopter water boombing tersebut untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), yang merupakan tetangga Kota Dumai. 

    Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan, di siagakan dua helikopter water boombing di Kota Dumai, karena kebakaran di Kabupaten Rohil sering kali terjadi. 

    "Kebakaran di Rohil ini sering terjadi, panas sedikit ada kebakaran. Makanya kita siagakan dua helikopter water boombing di Kota Dumai, agar penanggulangan kebakaran di Rohil bisa cepat dilakukan," kata Edy Afrizal, Kamis (18/8/2022). 

    Edy Afrizal menduga kebakaran di Rohil disengaja dibakar untuk membuka kebun. Pasalnya lahan yang terbakar merupakan lahan semak belukar, yang lokasinya jauh dari pemukiman warga.

    "Nampaknya sengaja dibakar, karena sebentar-sebentar terbakar, panas sedikit terbakar. Lokasinya pun jauh, tidak ada akses jalan darat ke lokasi kebakaran, hanya jalan setapak yang ada," terangnya. 

    Edy menyatakan, kasus kebakaran di Rohil ini sudah ditangani Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum (Gakkum), dan lokasi kebakaran juga sudah di Police Line. 

    "Kesulitan Satgas Gakkum itu untuk menindak pelaku akses kebakaran jauh, sehingga ketiga sampai di lokasi tidak ada orang lagi. Makanya untuk pemadaman kebakaran juga tidak bisa dilakukan Satgas Darat, harus menggunakan helikopter water boombing," paparnya. 

    "Untuk hari ini kebakaran di Rohil sudah pendinginan. Kemarin sudah dilakukan pemadaman menggunakan helikopter water boombing," tukasnya. MC Riau/amn

    (Mediacenter Riau/amn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dua Helikopter Water Boombing Siaga di Dumai
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar