Penerbangan Internasional di Riau Tunggu Jadwal Maskapai

Daftar Isi


     
    Foto: Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau. (Foto: Heru Maindikali).

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Pemerintah pusat melalui kementerian terkait sudah memberikan izin untuk dibukanya kembali penerbangan internasional di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Namun, hingga saat ini belum ada penerbangan internasional di Bandara SSK II yang beroperasi.

    Kepala Dinas Perhubungan Riau Andi Yanto mengatakan, untuk penerbangan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru hanya tinggal menunggu jadwal pihak maskapai saja. Karena terkait perizinan tidak lagi ada masalah.

    "Hanya tinggal menunggu jadwal pihak maskapai saja, kalau izin kan sudah diberikan pemerintah pusat," kata Andi Yanto, Sabtu (13/8/2022). 

    Dari informasi yang ia dapatkan, dalam waktu dekat penerbangan internasional yang akan dibuka di Bandara SSK II Pekanbaru yakni dengan tujuan ke Malaysia oleh maskapai Batik Air. Namun, untuk kapan akan dibuka, pihaknya belum mendapatkan informasi pasti.

    "Dalam waktu dekat ini Batik Air akan membuka rute penerbangan ke Malaysia," ujarnya.

    Sementara itu, untuk maskapai lain belum ada informasi. Berkemungkinan masih mengatur jadwal pesawat karena sudah lama tidak dibuka rute penerbangan internasional.

    "Kalau yang lain belum ada lagi, mungkin karena sudah lama tutup jadi jadwal pesawatnya harus diatur ulang lagi," katanya.

    Sebelumnya, Lion Air Group mengaku akan membuka rute penerbangan internasional dari Bandara Internasional SSK II, Pekanbaru, Riau (PKU) dengan tujuan Lapangan Terbang Antarabangsa Melaka, Malaysia (MKZ).

    CEO Batik Air, Captain Mushafiz Bin Mustafa Bakri mengatakan, Batik Air akan segera memperkenalkan rute internasional yang melayani Pekanbaru, Riau ke Melaka di Malaysia.

    "Batik Air segera memperkenalkan rute internasional yang melayani Pekanbaru, Riau ke Melaka di Malaysia. Penerbangan ini diharapkan dapat menawarkan pilihan baru bagi wisatawan dan pebisnis untuk bepergian menuju Malaysia serta mempermudah berkunjung ke Indonesia," ujar Captain Mushafiz dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).

    Batik Air rute Pekanbaru - Melaka - Pekanbaru ini akan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi. Setiap penumpang mendapatkan gratis bagasi 20 kilogram dan juga makanan minuman (inflight meals).

    Jarak antara Pekanbaru ke Melaka berkisar 1,608.8 kilometer dan akan ditempuh dengan penerbangan berdurasi 55 menit. Penerbangan itu cocok dengan pesawat ATR 72-600 karena pesawat mampu terbang rendah serta sesuai kebutuhan.

    Destinasi di Pesisir Barat Semenanjung Malaysia ini merupakan kota tujuan terbaru di Negeri Jiran yang terhubung langsung dari Pekanbaru, Riau. Rute ini jadi penawaran terbaik terbaik, bagi wisatawan dan mendukung pengembangan potensi masing-masing kota.

    Melaka terkenal wisata sejarah dengan bangunan peninggalan Portugis, Belanda dan Inggris, sehingga kota metropolitan yang paling bersejarah di Malaysia ini masih diincar turis.

    Pekanbaru yang berlokasi strategis di tengah Sumatera sekaligus ibukota Provinsi Riau merupakan kota perdagangan dan jasa dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi. Memiliki beragam destinasi alam, sejarah, budaya, dan industri kreatif (UMKM).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penerbangan Internasional di Riau Tunggu Jadwal Maskapai
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar