Serunya Mararua, Rame-rame Tangkap Ikan Masyarakat Kuansing

Daftar Isi

    Foto: Warga Kuansig menangkap ikan


    LancangKuning. Com,  Kuansing - Tradisi Mararua di kalangan masyarakat Kuansing, saat ini masih dilestarikan. Tradisi ini merupakan budaya menangkap ikan secara bersama-sama oleh masyarakat menggunakan alat tradisional, seperti jala, jaring, sakok, tangguak, khusus sakok dan tangguak ini terbuat dari anyaman rotan, bambu dan pelepah sagu.

    Tradisi mararua ini, waktu, hari dan tempatnya ditentukan berdasarkan hasil rapat bersama pemuka adat dan pihak pemerintahan desa setempat di tiap kenegerian masing-masing.

    Kegiatan ini, ditiap wilayah di Kuansing, untuk waktunya berbeda-beda, ada yang melaksanakan 1 Tahun sekali, ada yang 6 bulan sekali dan 3 bulan sekali.

    Untuk tempatnya di tiap daerah juga berbeda-beda, ada yang "mamucuak" di Danau, Sungai dan areal persawahan yang digenangi air.

    Baca Juga: Kuansing Kekurangan Dokter

    Biasanya untuk tempatnya ini, dipelihara secara bersama-sama, sebelum waktunya tiba, masyarakat dilarang menangkap ikan sampai waktu yang ditentukan.

    Sedangkan untuk tangkapan ikan ini, diperoleh secara individu, bahkan ada juga yang menangkap dengan cara kelompok. Kemudian hasilnya dibagi sama rata.

    Kemudian untuk acara puncak dari tradisi ini, biasanya digelar dengan mendoa bersama, tanda syukur terhadap sang pencipta atas limpahan hasil alam yang didapatkan.

    Seperti, Ahad (20/1/2019) tadi pagi, mararua ini dilaksanakan masyarakat Kenegerian Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, masyarakat beberapa desa di Kenegerian ini, berbondong-bondong turun ke anak Sungai tempat digelarnya acara tersebut.

    Nando, salah seorang warga yang ikut mamucuak, saat ditemui di lokasi, ia mengakui, mengikuti tradisi ini, ada rasa kesenangan tersendiri yang tak bisa digambarkan, ketika bersama-sama turun Sungai tempat menangkap ikan.

    "Ya gimana gitu rasanya, pokoknya ada rasa puas bercampur bahagia atas kebersamaan ini," jelasnya, dikutip dari RiauTerkini.com ** (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Serunya Mararua, Rame-rame Tangkap Ikan Masyarakat Kuansing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar