Orang Indonesia Tangkap Buaya 4,3 Meter Pakai Tali Dipuji Media Asing

Daftar Isi

    Foto: Seekor buaya dengan panjang 4 meter menghebohkan warga Buton, Sulawesi Tenggara. Aksi Usman (53) saat mencoba menangkap buaya dengan tali pun curi perhatian (Foto: Ansar/via REUTERS)

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Aksi heroik orang Indonesia yang menangkap buaya sepanjang 4,3 meter ini disorot media asing. Karena, ia berani menangkap buaya besar itu hanya dengan menggunakan tali.

    Dikutip detikTravel Kamis (30/6/2022), CNN memberi judul seperti berikuti, 'Saya harus mengambil kesempatan,' kata orang Indonesia yang menangkap buaya setinggi 4,3 meter dengan tali'.

    Selanjutnya, media itu menjabarkan akan rekan-rekan desa yang memuji seorang pria Indonesia karena menangkap buaya berukuran 4,3 meter di Sulawesi. Yang bikin takjub, usahanya itu hanya dengan menggunakan tali.

    Buaya raksasa yang diamankan itu terlihat dalam sebuah video. Di sekitar rahangnya sudah ditali oleh Usman, yang seperti kebanyakan orang Indonesia, menggunakan satu nama.

    "Jika kami meninggalkannya, buaya itu akan datang ke darat dan kami tidak akan bisa pergi ke sawah," kata pria berusia 53 tahun itu.

    Baca juga: Hiii, Ada Buaya Masuk Kampung
    "Di sini juga ada saluran drainase di sekitar jalan, tempat warga mencari ikan. Bahaya kalau sampai merambah saluran drainase. Saya harus mengambil risiko," katanya.

    Penangkapan buaya itu mendapat pujian dari warga Desa Ambau Indah lainnya. Usman mengatakan buaya itu telah berkeliaran di daerah itu setidaknya selama dua hari, menakuti penduduk.

    "Apa yang dilakukan Usman diapresiasi masyarakat. Bahkan ada yang menganggapnya sebagai tindakan heroik, karena menyelamatkan banyak orang yang bisa saja menjadi korban," kata Umar Siddiq al Farizi.

    Di masa lalu, ada beberapa serangan buaya di daerah itu, katanya. Ia pun menyambut baik keputusan Usman untuk melaporkan penangkapan tersebut kepada pihak berwajib.

    "Dia (Usman) menganggap ini hewan langka yang habitatnya rusak karena banjir. Menurutnya, seharusnya dilindungi dan tidak dibunuh," kata Umar.

    Buaya itu akan dilepaskan kembali ke alam liar, kata seorang pejabat di badan konservasi sumber daya alam setempat.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Orang Indonesia Tangkap Buaya 4,3 Meter Pakai Tali Dipuji Media Asing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar