Komisi IV DPRD Inhu Dukung BLUD Puskesmas

Daftar Isi

    Foto: Ketua Komisi lV DPRD Inhu, Muhammad Syafaat (sebelah kiri Wahid) saat rapat bersama kementerian melalui Virtual. 


    Lancang Kuning, INHU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, mendukung kebijakan penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) bagi
    puskesmas yang ada di dalam daerah. 

    Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Inhu Muhammad Syafaat, saat menghadiri kegiatan pendampingan persiapan BLUD Puskesmas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (9/6) pagi, di Pematang Reba. Acara yang berlangsung di ruang H Yopi Arianto Kantor Bupati Inhu ini, dihadiri dan dibuka oleh Sekda Hendrizal mewakili Bupati Inhu. 

    Menurut Syafaat, dukungan terbentuknya BLUD Puskesmas merupakan bentuk keseriusan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu menindaklanjuti saran dan masukan dari anggota DPRD Komisi IV terdahulu.

    "Ini tentunya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas," urainya. 

    Sehingga, lanjut Syafaat, akan tercipta praktik bisnis yang sehat. "Itu yang menjadi tujuan penerapan BLUD Puskesmas ini," tuturnya. Syafaat menilai kebijakan penerapan BLUD disebutkan sesuai pada Permendagri nomor 79 tahun 2018 pasal 31. Dalam butiran itu disebut bahwa penerapan BLUD diutamakan untuk pelayanan kesehatan yaitu RSUD, puskesmas, dan balkesmas. 

    Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Inhu Rosman Yatim yang juga hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan, salah satu kabupaten/kota di Provinsi Riau yang sudah menjalankan BLUD Puskesmas yaitu Kabupaten Pelalawan.

    "Langkah selanjutnya adalah kita akan meminta dukungan para stakeholder, termasuk dalam hal ini Komisi IV selaku mitra kerja Dinas Kesehatan dalam hal pembuatan peraturan daerah (Perda). Sebagai salah satu syarat terbentuknya BLUD," ungkapnya. (LK/Dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komisi IV DPRD Inhu Dukung BLUD Puskesmas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar