Rilis 3 Smartphone dan 1 Smartwatch, Google Tantang Apple?

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. Google meluncurkan sejumlah gawai. (Foto: Josh Edelson / AFP)

    Lancang Kuning -- Google tampaknya siap bersaing dengan Apple dalam lini smartphone dan smartwatch usai meluncurkan empat gawai terbaru.

    Mengutip CNN, Google sudah membocorkan kisi-kisi tiga smartphone baru besutan mereka yaitu Pixel 6a, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro. Dalam foto yang dirilis, tampak dua smartphone Google yang dominan berwarna putih.

    Ada semacam aksen silver pada bagian yang dipasangi kamera. Terkait mesinnya, Pixel 6a ditenagai sensor chip yang datang dengan tiga warna yakni hijau, putih, dan hitam.

    Belum ada banyak informasi soal ketiga smartphone itu. Namun, Pixel 6a diklaim punya harga yang lebih terjangkau daripada Pixel 6 yang telah dirilis awal tahun ini.

    Ada kemungkinan, Pixel 6a itu akan mulai dipasarkan pada 21 Juli dengan harga $449 atau Rp 6,6 juta.

    Selain ketiga smartphone tersebut, Google juga mengeluarkan smartwatch android, Pixel Watch. Ini adalah kali pertama buat Google meluncurkan smartwatch.

    Dalam debutnya, Google menanamkan WearOS sebagai sistem operasi Pixel Watch. Nantinya, sistem tersebut akan kompatibel dengan layanan Google seperti Google Assistant, Maps, dan Wallet.

    Belum cukup sampai di situ, Google juga mengumumkan peluncuran earbuds Pixel Buds Pro. Dilengkapi fitur noise cancellation dan audio spasial, Pixel Buds Pro akan dihargai $19 dan dirilis pada 21 Juli.

    Terdapat empat warna yang telah disediakan Google yakni oranye, hijau, putih dan hitam.

    Google Maps dan Google Translate
    Di sisi lain, Google juga terus mengembangkan beberapa layanannya. Dua layanan yang terus ditingkatkan Google antara lain Google Maps dan Google Translate.

    Untuk Maps, Google melengkapinya dengan fitur Immersive View. Immersive view merupakan fitur yang mengombinasikan citra satelit dan Google Street View.

    Nantinya, pengguna akan dapat melihat pemandangan secara real dan tiga dimensi seperti sedang berada dalam video game melansir The Verge.

    "Kita dapat mengombinasikan dua fitur itu bersama-sama. Jadi, kita bisa benar-benar mengerti misalkan tinggi sebuah gedung," kata Liz Reid selaku VP Engineering Google.

    Sementara untuk Google Translate, Google menambahkan 24 bahasa baru antara lain Quechua, Lingala, ASsamese, dan Tigrinya. Total, ada 133 bahasa yang bisa diterjemahkan Google Translate.

    Apple sendiri sudah jauh lebih dulu mendominasi pasar smartphone dan smartwatch. Menurut Business of Apps, angka penjualan iPhone mencapai 242 juta unit pada 2021.

    Sementara, Berdasarkan data Strategy Analytics, pengiriman jam pintar Apple pada kuartal I 2021 mencapai 18 juta unit dan 9,5 juta unit pada kuartal II.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rilis 3 Smartphone dan 1 Smartwatch, Google Tantang Apple?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar