Presiden Komisi Eropa Cap Rusia Sebagai Ancaman Tatanan Internasional

Daftar Isi

    Foto: Tentara Rusia berpatroli di Mariupol, Ukraina. (tradewindsnews.com)

     

    Lancang Kuning – Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada saat di Tokyo, Kamis 12 Mei 2022, mengatakan bahwa Rusia adalah ancaman paling langsung terhadap tatanan internasional karena invasinya ke Ukraina.

    “Rusia saat ini merupakan ancaman paling langsung bagi tatanan dunia dengan perang biadabnya melawan Ukraina, dan paktanya dengan China yang mengkhawatirkan,” kata Leyen setelah bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bersama dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

    Para pejabat tinggi Uni Eropa berada di Tokyo untuk putaran pembicaraan tahunan yang diadakan bersama komunitas internasional berkumpul untuk menekan Moskow atas perang Ukraina. Selain itu, tumbuh kekhawatiran yang sama terhadap peran China dalam perang Rusia-Ukraina.

    “Invasi Rusia ke Ukraina bukan hanya masalah Eropa, tetapi juga mengguncang inti tatanan internasional termasuk Asia. Ini tidak boleh ditoleransi,” kata Kishida, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 12 Mei 2022.

    Sikap Beijing yang semakin kuat di Asia juga mengambil peran Uni Eropa dalam menghadapi China.

    “Kerja sama kami di Ukraina sangat penting di Eropa, tetapi juga penting di Indo-Pasifik dan kami juga ingin memperdalam konsultasi kami tentang China dengan lebih tegas,” kata Michel.

    “Kami percaya bahwa China harus berdiri untuk mempertahankan sistem multiteral yang telah diuntungkan dalam mengembangkan negaranya,” sambungnya.

    Von der Leyen mengungkapkan bahwa Uni Eropa dan Jepang sedang meningkatkan kerja sama termasuk peluncuran kemitraan digital, yang pertama untuk Eropa dan difokuskan pada daya saing dan keamanan di lapangan. (LK)



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Kamis, 12 Mei 2022 - 20:16 WIB
    Judul Artikel : Presiden Komisi Eropa Cap Rusia Sebagai Ancaman Tatanan Internasional
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/dunia/1474594-presiden-komisi-eropa-cap-rusia-sebagai-ancaman-tatanan-internasional?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Daurina Lestari,Natania Longdong

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Presiden Komisi Eropa Cap Rusia Sebagai Ancaman Tatanan Internasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait