Tes Keparawan Calon Prajurit Wanita TNI Sudah Dihapus di 3 Matra

Daftar Isi

    Foto: Kapuskes TNI Mayjen TNI Budiman di Mabes TNI. (Istimewa/Viva Militer)

     

    Lancang Kuning – Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Budiman mengungkapkan, tes keperawanan bagi calon prajurit wanita TNI kini sudah resmi dihapus. Bahkan, penghapusan tes keperawanan sudah berlaku di tiga matra sekaligus dalam mekanisme penerimaan calon prajurit wanita TNI tahun 2022.

    “(Penghapusan tes keperawanan) sudah efektif (berlaku). Sudah diberlakukan untuk seluruh matra, darat, laut dan udara,” kata Kapuskes TNI Mayjen Budiman usai membuka Rakorniskes TNI Tahun 2022 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 13 April 2022.

    Mayjen TNI Budiman menambahkan, syarat tes perawan dihapus sesuai arahan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

    Menurut Panglima TNI, bahwa kondisi keperawanan wanita tak mempengaruhi mereka ketika menjalani pendidikan, latihan, dan bahkan penugasan sebagai wanita TNI.

    “Bapak Panglima TNI menghapuskan persyaratan tersebut dalam buku petunjuk teknis pemeriksaan badan calon prajurit TNI,” kata eks Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad) tersebut.

    Di sisi lain, Jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat itu tak bisa memastikan apakah penghapusan tes keperawanan tersebut memiliki dampak dengan melonjaknya pelamar dari wanita atau tidak.

    Hanya saja, ia menegaskan, kebijakan penghapusan tes keperawanan pada dasarnya untuk memberikan prinsip hak asasi manusia (HAM) bagi wanita yang kebetulan sudah tidak lagi perawan, baik karena sengaja maupun tidak disengaja.

    Dengan demikian, lanjutnya, wanita tersebut masih memiliki kesempatan menjadi prajurit wanita TNI selama mereka mempunyai kemampuan intelektual dan fisik yang baik.

    “Itu semua berkaitan dengan kredibilitas yang bersangkutan dan kita memiliki serangkaian tes untuk melihat hal tersebut,” katanya.

    “Tapi yang jelas masalah itu tidak lagi menjadi hal yang standar yang ada dalam juknis (petunjuk teknis),” tambahnya. (LK)



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 13 April 2022 - 13:54 WIB
    Judul Artikel : Tes Keparawan Calon Prajurit Wanita TNI Sudah Dihapus di 3 Matra
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1466573-tes-keparawan-calon-prajurit-wanita-tni-sudah-dihapus-di-3-matra?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Rifki Arsilan

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tes Keparawan Calon Prajurit Wanita TNI Sudah Dihapus di 3 Matra
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar