Presiden Targetkan 637.000 Hektar Lahan Mangrove Direhabilitasi, Riau Salah Satu Target Utama

Daftar Isi


     
    Foto: Asisten II Setdaprov Riau Job Kurniawan.

    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Indonesia menargetkan 637.000 hektar lahan mangrove direhabilitasi hingga 2024. Provinsi Riau menjadi salah satu daerah target utamanya. 

    Rehabilitasi mangrove akan terus dilakukan di seluruh tanah air, karena hutan mangrove menyimpan carbon 4-5 kali lebih banyak dari hutan tropis daratan sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon. 

    Tidak hanya itu, rehabilitasi mangrove bertujuan memulihkan kawasan hutan mangrove yang mengalami kerusakan, meningkatkan tutupan hutan mangrove serta meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

    Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau tahun 2020, Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki kawasan hidrologis gambut terluas di Indonesia yang mencapai 5,3 juta hektare atau 55,7 persen dari total kawasan gambut Indonesia di Pulau Sumatera, dan luas kawasan mangrove lebih kurang 223 ribu hektare yang tersebar di sepanjang pantai timur Pulau Sumatera. 

    Asisten II Setdaprov Riau Job Kurniawan, menjelaskan geliat rehabilitasi mangrove global dan nasional kini semakin kencang dilakukan. PBB mendeklarasikan tahun 2021-2030 sebagai Dekade PBB untuk restorasi dengan target 350 juta hektare lahan termasuk ekosistem mangrove. 

    "Indonesia juga mendorong kuat upaya ini dan menargetkan 637.000 hektar lahan mangrove untuk direhabilitasi, Provinsi Riau menjadi salah satu daerah target utama rehabilitasi mangrove nasional," jelas Job di Pekanbaru, Selasa (22/3/2022). 

    Untuk mencapai target tersebut kata Job, dibutuhkan upaya bersama semua pihak yakni pemerintah, swasta, akademisi, NGO, penggiat, dan masyarakat. 

    "Tentu rehabilitasi mangrove penting dilakukan diekosistem mangrove yang terdegradasi," imbuhnya. 

    "Lahan-lahan potensial dan berpeluang untuk direhabilitasi perlu diidentifikasi agar tujuan pemulihan ekosistem mangrove dapat tercapai," tutup Job. 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Presiden Targetkan 637.000 Hektar Lahan Mangrove Direhabilitasi, Riau Salah Satu Target Utama
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar