Karang Taruna Provinsi Riau Berdayakan Masyarakat Lewat Pertanian Terpadu

Daftar Isi

    Foto: Dok. Humas. (MCR)

     

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Dalam rangka mendorong bangkitnya ekonomi masyarakat, Karang Taruna Provinsi Riau menggarap lahan kosong seluas satu hektar menjadi lahan pertanian terpadu yang produktif, bekerja sama dengan masyarakat sekitar terutama pemuda di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru.

    Ketua Karang Taruna Provinsi Riau, Muhammad Andri melalui Kepala Biro Pertanian dan Perikanan Karang Taruna Provinsi Riau Fauzul Amri mengaku, selain digunakan untuk lahan pertanian, lahan kosong itu juga digunakan untuk kegiatan perikanan dan peternakan. 

    Fauzul menjelaskan, kegiatan-kegiatan tersebut juga akan dibantu pemasarannya dan ditingkatkan mutu produknya, sehingga mampu bersaing di pasar lokal maupun global. 

    "Kegiatan tersebut diharapkan akan menginspirasi masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong menjadi bermanfaat dan produktif hal ini akan menjadi percontohan dan model kegiatan pertanian terpadu Karang Taruna di Provinsi Riau," sebutnya, Jumat (18/3/2022).

    Selain untuk lahan pertanian dan perikanan, Faizul mengungkapkan, lahan pertanian terpadu ini juga dimanfaatkan untuk pemberdayaan lainnya. 

    Jelasnya, pada lahan pertanian tersebut, Karang Taruna Provinsi Riau telah membuat bangunan yang ramah lingkungan menggunakan kayu dan papan bekas, sekaligus dapat dijadikan tempat usaha perbengkelan sepeda motor dan cucian yang dapat dimanfaatkan pemuda-pemuda sekitar.

    "Ini agar pemudanya tetap produktif dan berkarya dengan kegiatan yang positif," ungkap Fauzul Amri yang juga Doktor di Bidang Ilmu Lingkungan ini.  

    Sementara itu, Ketua Harian Karang Taruna Provinsi Riau, Ikhsan menyampaikan, Provinsi Riau memiliki potensi pertanian dan perikanan yang sangat besar, dan Pemerintah Provinsi Riau memberikan perhatian dan dukungannya terhadap kedua sektor tersebut. Seperti membangun infrastrukturnya, pengadaan sarana dan prasarana, serta program-program lainnya. 

    Oleh karena itu menurutnya, pemuda harus melihat potensi tersebut sebagai peluang. Untuk itu jelasnya, Karang Taruna Provinsi sebagai pilar-pilar sosial yang terkait erat dengan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, mengajak masyarakat khususnya pemuda Provinsi Riau, baik di desa maupun di kelurahan agar produktif dan terus berinovasi untuk mendapatkan peluang-peluang tersebut.

    "Dan untuk mewujudkan itu perlu dukungan semua pihak, baik pemerintah, perusahaan swasta dan masyarakat lainnya," tutup ikhsan.  

    Untuk diketahui, saat ini pengelolaan lahan pertanian terpadu tersebut sudah sekaligus dibentuknya Kelompok Usaha Bersama (KUB) Karang Taruna Provinsi Riau yaitu kelompok tani dan kelompok budidaya ikan (pokdakan). (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karang Taruna Provinsi Riau Berdayakan Masyarakat Lewat Pertanian Terpadu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar