Pembalap Rusia Nikita Mazepin Didepak dari Tim Haas Formula 1

Daftar Isi


    Foto: Pembalap Rusia Nikita Mazepin dipecat Haas. (REUTERS/HAMAD I MOHAMMED)

    Lancang Kuning -- Tim Haas Formula LLC resmi memutus kontrak pembalap asal Rusia, Nikita Mazepin pada Sabtu (5/3).

    Haas secara sepihak memutus kontrak Mazepin karena negeri asalnya menginvasi Ukraina. Pabrikan yang mengontrak Mick Schumacher ini juga memutuskan mengakhiri kerja sama dengan sponsor Uralkali.

    Uralkali adalah produsen kalium asal Rusia. Uralkali dimiliki oleh ayah sang pembalap, Dmitry Mazepin. Pemuda berusia 23 tahun itu mendapat jaminan di tim tak lain karena kesepakatan sponsor.

    "Tim Haas F1 telah memilih untuk mengakhiri, dengan segera, kemitraan gelar Uralkali, dan kontrak pengemudi Nikita Mazepin," kata perwakilan tim Haas dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters.

    "Seperti komunitas Formula Satu lainnya, tim terkejut dan sedih dengan invasi ke Ukraina dan berharap konflik ini cepat dan damai diakhiri," sambung perwakilan tim Haas dalam rilis resminya.

    Terkait pengganti, Haas belum menetapkan calon. Hanya saja beredar rumor bahwa pembalap asal Brasil, Pietro Fittipaldi jadi pilihan utama. Sebelumnya Fittipaldi sempat menggantikan Romain Grosjean pada 2020.

    Ini merupakan putusan lanjutan setelah sebelumnya operator F1 juga memastikan GP Rusia dibatalkan. Kontrak F1 dengan pengelola sirkuit hingga 2025 dibatalkan secara sepihak.

    Adapun Formula One (F1) akan mulai melakukan tes pramusim terakhirnya di Bahrain pada 10 hingga 12 Maret. Pembukaan balapan musim ini akan berlangsung di kerajaan kepulauan itu pada 20 Maret.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pembalap Rusia Nikita Mazepin Didepak dari Tim Haas Formula 1
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar