9 Fakta Jelang MotoGP Qatar 2022

Daftar Isi


    Foto: MotoGP Qatar akan membuka seri MotoGP 2022. (AFP/KARIM JAAFAR)

    Lancang Kuning -- MotoGP Qatar akan jadi seri pembuka MotoGP 2022. Berikut fakta menarik jelang balapan tersebut.

    Pertarungan sengit antara pembalap dari masing-masing pabrikan akan dimulai di Sirkuit Losail pada Minggu (6/3) mendatang. 

    Persaingan di MotoGP Qatar diyakini bakal berjalan sengit bila merujuk pada hasil-hasil di sirkuit tersebut pada tahun sebelumnya.

    Dilansir CNN Indonesia, Berikut fakta menarik jelang balapan MotoGP Qatar:

    1. Ada 10 pembalap yang pernah memenangkan balapan grand prix di Sirkuit Losail yang bakal tampil di MotoGP Qatar 2022. Kesepuluh pembalap tersebut adalah Andrea Dovizioso, Fabio Quartararo, Pecco Bagnaia, Franco Morbidelli, Jack Miller, Joan Mir, Jorge Martin, Marc Marquez, Maverick Vinales, dan Pol Espargaro.

    2. Yamaha adalah pabrikan paling sukses di MotoGP Qatar dengan catatan 10 kemenangan. Empat pembalap yang mengantarkan sukses tersebut adalah Valentino Rossi (empat kemenangan), Jorge Lorenzo (3), Maverick Vinales (2), dan Fabio Quartararo (1).

    3. Ducati meraih lima kemenangan di Qatar sedangkan Honda hanya punya tiga kemenangan di Qatar.

    4. Suzuki tidak pernah naik podium di MotoGP Qatar. John Hopkins, Alex Rins (dua kali), dan Joan Mir hanya pernah mencatat finis terbaik di posisi keempat.

    5. Pada tahun lalu, Johann Zarco mencatat kecepatan tertinggi di ajang MotoGP saat tampil MotoGP Qatar dengan catatan 362,4 km/jam pada sesi FP3. Catatan itu kemudian disamakan Brad Binder di sesi FP3 MotoGP Italia.

    6. Ajang MotoGP Doha 2021 yang juga berlangsung di Sirkuit Losail bisa disebut sebagai balapan paling ketat bila merujuk pada hasil selisih waktu antara pembalap di 15 besar. Selisih antara Quartararo yang juara dengan Miguel Oliveira di posisi ke-15 hanya terpaut 8,828 detik.

    7. Ada 14 pembalap yang pernah merasakan gelar juara dunia grand prix yang bakal start di MotoGP Qatar. Ini adalah rekor baru untuk pembukaan MotoGP.

    8. Pembalap tertua jelang MotoGP Qatar adalah Andrea Dovizioso dengan usia 35 tahun 348 hari. Sedangkan pembalap termuda adalah Raul Fernandez (21 tahun 134 hari). Rata-rata usia pembalap jelang MotoGP Qatar adalah 26 tahun 7 bulan.

    9. Pada seri terakhir tahun lalu di MotoGP Valencia, pembalap yang menunggangi Ducati mampu finis di posisi 1-2-3 lewat Pecco Bagnaia, Jorge Martin, dan Jack Miller. Ini adalah kali pertama Ducati bisa finis 1-2-3 sejak MotoGP diperkenalkan pada 2002.

    Balapan MotoGP Qatar akan berlangsung pada Minggu (6/3). Balapan MotoGP Qatar bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 9 Fakta Jelang MotoGP Qatar 2022
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar