Ajarkan Keterampilan Strap Masker, PKK Riau: Ini Peran PKK Dukung Peningkatan Ekonomi Keluarga

Daftar Isi

    Foto: Dok.Humas. (MCR) 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Riau mengajarkan keterampilan strap masker kepada kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) secara virtual, Senin (14/2/2022).

    Ketua Bidang II TP PKK Riau, T Reni Azmahrani menyebutkan ini merupakan bentuk peran PKK untuk mendukung peningkatan ekonomi keluarga. 

    Hal tersebut disampaikannya, pada program Jendela Literasi dan Inspirasi (Jelita) dalam tajuk "Diskusi Asyik Keluarga Sejahtera" kolaborasi antara TP PKK Riau bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau.

    "Pada pokja II PKK Riau, kita ada program pendidikan dan keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi.Yang di PKK sendiri itu, sudah ada kelompok-kelompok UP2K ini, yang juga merupakan cikal bakal terbentuknya koperasi - koperasi yang ada di sekitar kita," katanya.

    Ia berharap, dengan adanya usaha-usaha yang di bina melalui kelompok UP2K PKK Riau ini, adanya upaya peningkatan pendapatan juga meningkatkan sumber daya yang ada di sekitar lingkungan keluarga.

    "Selain itu, tentu saja kita dengan program pendidikan, TP PKK melakukan pelatihan seperti pada hari ini, kita berupaya meningkat literasi dengan berkreativitas dengan keterampilan," sebutnya.

    Sementara itu, Ketua Pokja II TP PKK Riau, Herayulwiya menerangkan peran PKK terutama pada pokja II ini memfokuskan pada bidang pendidikan dan keterampilan dan kehidupan berkoperasi.

    Namun, menurutnya setelah dilakukan musda beberapa waktu lalu maka pada pokja II PKK mendapatkan program unggulan. Yaitu bahwa Pokja II harus meningkatkan minat baca keluarga, dan juga tentang kesejahteraan keluarga dapat terangkat dengan peningkatan ekonomi.

    "Kali ini kami mencoba dengan keterampilan kita tingkatkan minat baca, yaitu kami mencoba keterampilan membuat strap masker. Pembuatan keterampilan strap masker ini, cukup gampang dan mudah jika dikerjakan di rumah," jelasnya.

    Ia melanjutkan, keterampilan seperti ini diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi keluarga. Selain itu, upaya meningkatkan keterampilan ini juga untuk mendorong masyarakat meningkat literasi terkait informasi usaha, bahan yang digunakan maupun cara pemasarannya.

    "Mudah-mudahan dengan upaya kita untuk lebih ingin mencari informasi (terhadap usaha untuk peningkatan ekonomi keluarga) dapat meningkatkan minat baca kita," tuturnya.

    Pada kesempatan tersebut juga, Sekretaris TP PKK, Erlina Khairul menyatakan berdasarkan Perpres Nomor 99 Tahun 2017 dan Permendagri Nomor 36 tahun 2020, bahwa peran PKK adalah mitra pemerintah untuk mendukung program pemerintah dapat terlaksana hingga di lingkungan keluarga.

    Untuk itu, Erlina berharap melalui kegiatan seperti ini dengan memberikan keterampilan kepada kelompok UP2K dimasa pandemi ini bisa mendukung program ini untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

    "Kita PKK sebagai mitra pemerintah, juga membantu program pemerintah dalam hal kesejahteraan masyarakat agar dapat tercapai dan pembangunan di Indonesia ini semakin sejahtera," harapnya. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ajarkan Keterampilan Strap Masker, PKK Riau: Ini Peran PKK Dukung Peningkatan Ekonomi Keluarga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar