Bangganya Wagubri Saat Panen Padi Lahan Kering

Daftar Isi

    Foto: Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen. TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP, saat panen padi produksi padi lahan kering.

     


    Lancang Kuning, PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen. TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP, mengikuti panen produksi padi lahan kering atau padi gogo di lahan UPT Perlindungan Tanaman Pangan, dan Hortikultura Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Rabu (19/1/2025).

    Kegiatan ini merupakan program demplot Budidaya Tanaman Sehat (BTS), Padi Lahan Kering (Padi Gogo), paket teknologi pengelolaan hama, dan penyakit tanaman secara terpadu fokus pengujian pemanfaatan Agens Pengendali Hayati (APH), tahun 2021.

    Dalam arahannya, Wagubri Brigjen. TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP merasa bangga dengan UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas PTPH Provinsi Riau yang telah memanfaatkan lahan kosong ditanami tanaman produktif.

    "Pertama saya ingin mengucapkan rasa bangga saya melihat apa yang sudah dilakukan. Dari awal sudah Saya katakan, sebenarnya kalau kita bicara pertanian, tidak ada matinya," ucap Edy Nasution, dikutip dari mediacenterriau

    Saat ini, kata Edy Nasution, sektor pertanian dan perkebunan terbukti tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. "Kita lihat, Covid-19 sudah sekitar dua tahun lebih, yang hampir tidak terpengaruh itu pertanian dan perkebunan. Cuma sering kali kita tidak bisa menangkap peluang itu dengan baik," ungkapnya. 

    Sementara itu, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Ir. Syahfalefi M.Si, yang ikut mendampingi Wagubri mengatakan, kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi contoh dan dorongan bagi dinas, terutama Unit Pelaksana Teknis (UPT) lain agar dapat melakukan kegiatan terbaru dan inovasi. Salah satunya dengan metode pengendalian hama terpadu. 

    "Selama ini kita mengenal pengendalian hama dan penyakit itu menggunakan racun (pestisida). Sekarang dicoba dengan sistem pengendalian hama terpadu. Inilah sebenarnya konsep yang kita usung kedepannya," ungkap Syahfalefi. 

    Hadir dalam panen produksi tersebut, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Ir. Syahfalefi, M.Si, Kepala UPT Perlindungan Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Iga R, Perwakilan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau, Pejabat di lingkungan Dinas PTPH Provinsi Riau, serta masyarakat yang hadir. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bangganya Wagubri Saat Panen Padi Lahan Kering
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar