Survei Capres: Ganjar Ungguli Anies di Beberapa Daerah Ini

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)

     

    Lancang Kuning – Charta Politika merilis hasil survei pemilih untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 jika digelar hari ini. 

    Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Jawa Tengah, DIY, Jatim, Bali, NTT dan NTB. Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya. 

    Dia menyebut pemilih Joko Widodo atau Jokowi paling banyak memberikan suara kepada Ganjar Pranowo. Terutama, di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, juga NTT. Menurutnya, Ganjar adalah sosok gubernur yang sudah melampaui basis suara tempat berkuasa.  

    "Di Jawa Tengah dan DIY, Ganjar memperoleh 63, 5 persen. Sementara di Jawa Timur, Ganjar memperoleh 33,7 persen, dan di Bali, NTT, serta NTB, Gubernur Jateng itu memperoleh 50 persen," ucap Yunarto Wijaya dikutip Selasa, 21 Desember 2021, dilansir LKC dari viva.co.id 

    “Kalau dibedah secara regional, basis responden data daerah dengan pilihan capres bisa dianalisis dengan pemilu sebelumnya. Anies baswedan kuat di daerah Sumatera, DKI Jakarta dan Banten, Kalimantan, dan Prabowo Subianto menguasai daerah Jawa Barat, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” kata dia. 

    Sementara itu, di wilayah Jawa Barat Ganjar juga lebih unggul dibandingkan Anies. Pasalnya Ganjar memperoleh suara sebanyak 17,1 persen dan Anies hanya 14,3 persen. Sedangkan Prabowo memperoleh 32,4 persen pemilih di Jawa Barat.  

    “Ada beberapa nama tapi cukup mendominasi seperti Ridwan kamil mendapatkan angka 23,8 persen di Jawa Barat bersaing dengan pak Prabowo dan Sandiaga Uno yang mendapatkan angka besar di Kalimantan dan Sulawesi,” tuturnya.  

    Survei ini dilakukan pada 29 September-6 September 2021 secara acak menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling).  

    Adapun jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki margin of error 2, 83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 21 Desember 2021 - 16:15 WIB
    Judul Artikel : Survei Capres: Ganjar Ungguli Anies di Beberapa Daerah Ini
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/politik/1433915-survei-capres-ganjar-ungguli-anies-di-beberapa-daerah-ini?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Survei Capres: Ganjar Ungguli Anies di Beberapa Daerah Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar