Nyetir Sambil Main HP Sangat Beresiko

Daftar Isi

    FOTO : Main HP sambil nyetir. Foto: Dadan Kuswaraharja

    LancangKuning.Com,  JAKARTA - Mengemudi kendaraan bermotor adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Tak bisa pengemudi diganggu oleh apa pun demi keselamatan. Termasuk mengoperasikan ponsel.

    Isu pengemudi yang memainkan ponsel sambil berkendara sudah menjadi sorotan beberapa tahun belakangan. Sebab, banyak kecelakaan lalu lintas yang dipicu karena tindakan ceroboh ini.

    Semua negara bahkan sudah mengatur larangan mengemudi sambil main ponsel. Hal ini bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan akibat mengemudi yang diganggu oleh ponsel.

    Baca Juga : Perakit iPhone Pindahkan Pabrik dari China ke Indonesia

    Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pengemudi yang menggunakan ponsel sambil menyetir 4 kali lipat lebih berisiko terlibat kecelakaan. Menggunakan ponsel saat mengemudi akan memperlambat reaksi pengemudi terutama reaksi pengereman dan reaksi terhadap sinyal lalu lintas.

    Juga, pengemudi dengan ponsel menyulitkan kendaraan untuk tetap di jalurnya. Sering kali pengemudi yang sambil memainkan ponsel keluar jalur sehingga membahayakan pengendara lain, bahkan malah tidak memperhatikan jarak aman.

    Melansir dari Detik, hands-free pada ponsel tidak lebih aman. Mengirim pesan atau chat juga sangat meningkatkan risiko tabrakan.  (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Nyetir Sambil Main HP Sangat Beresiko
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar