Telkom Suntik Rp143 Miliar ke Startup Cakap

Daftar Isi

    Foto: Gedung Telkom Indonesia. (VIVA/Andry Daud)


    Lancang Kuning – Perusahaan rintisan teknologi pendidikan (startup edutech) Cakap baru saja meraih pendanaan sebesar US$10 juta (Rp143 miliar) dalam putaran seri B. 

    Suntikan dana ini akan digunakan untuk menambah jumlah program pembelajaran kelas Cakap serta meningkatkan jumlah pengguna demi mewujudkan akses pendidikan berkualitas yang lebih luas. 

    Putaran seri B tersebut dipimpin oleh Centauri Fund MDI Ventures milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan Heritas Capital, dengan partisipasi dari KB Investment dan investor lainnya. 

    Pendanaan baru ini merupakan tanda pencapaian besar perusahaan di tahun ini bersamaan dengan pertumbuhan bisnis. 

    Startup Cakap telah berkontribusi sebagai solusi pembelajaran jarak jauh untuk meminimalkan dampak negatif dari pandemi COVID-19. Sinergi para investor yang terlibat akan menciptakan nilai tambah untuk mempercepat ekspansi pasar secara nasional. 

    Selama dua tahun terakhir mereka telah berhasil mengakuisisi 1,5 juta siswa, tumbuh 500 persen year-on-year (YoY) dan lebih dari 1 juta unduhan aplikasi. Dengan rating sebesar 4,9 dari 5 bintang di Google Play Store, Cakap jadi aplikasi belajar bahasa asing dengan rating tertinggi di Indonesia. 

    “Kami bersemangat untuk menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia. Kami mengombinasikan konten pembelajaran berkualitas tinggi, teknologi canggih, dan guru profesional di ekosistem untuk memberikan pengalaman belajar terbaik," kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Cakap Tomy Yunus di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Startup lokal ini bahkan mengembangkan fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan pembelajaran mesin (Machine Learning/ML) untuk memberikan pembelajaran yang personal dan sesuai dengan nilai lokal dalam mempercepat kemajuan belajar siswa. Kelas Cakap dibuka untuk anak-anak dan dewasa. 

    Mereka telah berhasil memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang lebih terjangkau daripada layanan kelas di lembaga biasa. 

    Platform memberikan penggunanya berbagai pilihan guru profesional, baik lokal maupun internasional. Pendanaan baru ini dapat mendorong mereka untuk meningkatkan teknologi pembelajaran dengan mengeksplorasi implementasi pada AI dan ML. 

    "Kami juga memberikan penawaran kelas vokasi dan kursus sertifikasi melalui self-paced learning yang menggabungkan sequential multimedia learning, assessments, dan Live Class ad discussions yang memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menyelesaikan sertifikasi bagi keterampilan khusus," ungkap Tomy. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 14 Desember 2021 - 20:44 WIB
    Judul Artikel : Telkom Suntik Rp143 Miliar ke Startup Cakap
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/digital/startup/1432008-telkom-suntik-rp143-miliar-ke-startup-cakap?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Telkom Suntik Rp143 Miliar ke Startup Cakap
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar