Indonesia Bakal Terapkan Metode Baru untuk Identifikasi Omicron

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi COVID-19/virus corona. (Pixabay/geralt)


    Lancang Kuning – Varian baru COVID-19 Omicron memunculkan kekhawtiran baru karena varian ini disebut lebih cepat menular dan bisa menghindari vaksin. 

    Varian yang pertama kali dideteksi di Afrika Selatan ini dilaporkan sudah menyebar ke banyak negara, bahkan negara-negara tetangga Indonesia seperti Singapura dan Malaysia sudah melaporkan kasus Omicron. 

    Indonesia tentu harus semakin waspada dengan kehadiran Omicron, namun Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono mengatakan, hingga saat ini Omicron belum diidentifikasi di Indonesia. 

    "Kita tetap melakukan identifikasi terutama di daerah pintu masuk baik darat, laut dan udara dengan cara semua kasus PCR positif dilakukan genome sequencing, ini untuk memetakan gen sehingga bisa tahu Omicron atau bukan," ujarnya saat ditemui dalam kunjungan kerja ke Desa Pranggong, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 10 Desember 2021, dilansir LKC dari viva.co.id  

    Disinggung mengenai laboratorium whole genome sequencing (WGS) di Indonesia, Wamenkes Dante mengatakan bahwa saat ini ada 12 lab dan akan ditambah menjadi 14 lab. 

    Untuk mempercepat akselerasi, Wamenkes mengatakan akan melakukan metode baru dengan menggunakan PCR khusus yang disebut dengan S-gene failure test  (SGFT). 

    Dante menjelaskan, SGFT akan mendeteksi dengan menggunakan PCR bisa menentukan probabel Omicron, dengan mengetahui posisi-posisi khusus di RNA di mana tempat yang bisa secara khusus mengidentifikasi Omicron. 

    "Itu sudah dikembangkan, sekarang kita sudah punya 30 kit, itu satu kit sekitar 124 jadi kita sekarang kita punya 30 ribu lebih kit yang akan mengidentifikasi Omicron dengan cara bukan WGS tapi dengan menggunakan RNA," jelas Dante. 

    Dia menambahkan, metode tersebut akan diutamakan ditempatkan di pintu-pintu masuk negara seperti bandara dan pelabuhan. (LK)


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 10 Desember 2021 - 17:20 WIB
    Judul Artikel : Indonesia Bakal Terapkan Metode Baru untuk Identifikasi Omicron
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1431010-indonesia-bakal-terapkan-metode-baru-untuk-identifikasi-omicron?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Indonesia Bakal Terapkan Metode Baru untuk Identifikasi Omicron
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar