BPBD: Tiga Daerah di Riau Dilanda Banjir

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi banjir di Pekanbaru

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Intensitas curah hujan tinggi, tiga daerah di Provinsi Riau dilanda bencana banjir. Ketiga daerah itu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kota Pekanbaru dan Dumai. 

    "Ada tiga daerah yang sudah dilanda banjir, Inhu, Pekanbaru dan Dumai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal melalui Kepala Bidang Kedaruratan, Jim Gafur, Jumat (5/11/2021). 

    Lebih lanjut Jim Gafur menjelaskan kondisi bencana banjir di Inhu terjadi di Kecamatan Peranap dan Kelayang. 

    "Banjir di Inhu baru naik, tadi pagi setinggi betis. Banjir Inhu karena air sungai Indragiri meluap akibat curah hujan tinggi," terangnya. 

    Sedangkan banjir di Pekanbaru, kata Jim Gafur, terjadi dibeberapa titik di sepanjang sungai Sail, Kecamatan Marpoyan Damai. 

    "Kalau banjir di Dumai akibat Rob (air laut pasang). Untuk lokasi banjir masih sama seperti kemarin di Kecamatan Dumai Kota dan Dumai Selatan," jelasnya. 

    Meski demikian, pihaknya hingga kini belum menerima permintaan bantuan peralatan dan logistik dari tiga daerah yang dilanda banjir. 

    "Belum ada permintaan bantuan. Namun, kalau ada permintaan kita siap, karena peralatan dan personel kita standby. Tapi kemarin kita sudah ada kirim bantuan logistik ke Dumai," ujarnya. 

    Untuk itu, pihaknya sudah koordinasi dengan BPBD tiga daerah itu agar siap siaga dengan menyiapkan seluruh peralatan dan personel. 

    "Termasuk tingkatkan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat yang wilayahnya rawan banjir, sehingga kita harapkan tidak ada korban. Sebab saat ini hujan cukup lebat, sehingga potensi terjadi korban bisa saja terjadi," tukasnya. (LK/MCR/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BPBD: Tiga Daerah di Riau Dilanda Banjir
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar