Ekonomi Riau Tumbuh 4,59 Persen, Begini Penjelasan Lengkapnya

Daftar Isi

    Foto: Kepala Badam Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin.

     

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau pada Triwulan III-2021 dibanding triwulan II-2021 (q-to-q) mengalami pertumbuhan sebesar 4,59 persen. 

    "Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha. Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 16,34 persen dan Jasa Perusahaan sebesar 15,96 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin di Pekanbaru, Jumat (5/11/2021).

    Sementara itu, Lapangan Usaha Industri Pengolahan dan Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang memiliki peran dominan juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 5,41 persen dan 8,43 persen.

    Sementara itu, beberapa lapangan usaha lainnya yang tumbuh tinggi di antaranya Jasa Lainnya sebesar 12,85 persen; Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 7,60 persen; dan Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 6,05 persen.

    "Struktur PDRB Riau menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku triwulan Ill-2021 tidak menunjukkan perubahan berarti," lanjutnya, dikutip dari mediacenterriau

    Pasalnya, perekonomian Riau masih didominasi oleh Lapangan Usaha Industri Pengolahan sebesar 27,91 persen; diikuti oleh Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan

    sebesar 27,20 persen; Pertambangan dan Penggalian sebesar 20,12 persen; Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 9,63 persen; dan Konstruksi sebesar 8,92 persen. 

    "Peranan kelima lapangan usaha tersebut dalam perekonomian Riau mencapai 93,78 persen," tukasnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ekonomi Riau Tumbuh 4,59 Persen, Begini Penjelasan Lengkapnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar