Forum Pedagang Kualu Tempatan Menolak Kehadiran Indomaret

Daftar Isi

    RENCANA pembukaan Indomaret di Desa Kualu yang mendapat penentangan dari Pedagang Kualu tempatan.(ft:LK)

    LANCANGKUNING.COM,KUALU-Kehadiran ritel Indomaret di Desa Kualu, mendapat penentangan dari pedagang-pedagang kecil yang tergabung dalam Forum Pedagang Kualu Tempatan. Menurut mereka, kehadiran ritel ini jelas membuat usaha pedagang-pedagang kecil ini akan semakin susah di masa pandemi covid-19 ini.

    Bahkan, menurut mereka kehadiran jaringan ritel ini akan membuat usaha mereka gulung tikar. Apalagi, modal mereka tidaklah sekuat modal Indomaret. " Kami menolak keras kehadiran Indomaret di Desa Kualu. Kami sudah bertemu dengan Kepala Desa Kualu, saat itu dia berjanji akan mencabut tanda-tangan izin rekomendasi Indomaret. Namun, kenyataannya meski banyak penolakan pedagang, tanda tangan ini tak juga dicabut kepala desa," ujar Nazaruddin, mewakili Forum Pedagang Kualu Tempatan.

    Kehadiran Indomaret ini, dikatakan Nazaruddin bersama Alizman, Izan, DT Ulak dan Hendrizal Domo ini akan menimbulkan kesenjangan ekonomi yang sangat tajam dengan para pedagang tradisional dan usaha warung kecil di Desa Kualu ini.

    "Kami kecewa kepada Pemerintah Kabupaten Kampar yang memberikan izin Indomaret. Kebijakan ini jelas tidak memihak bangkitnya UMKM, kebijakan ini tidak pro-rakyat. Untuk apa dibuka investasi, jika investasi itu malah membunuh usaha kecil masyarakat lainnya," ujar Dt Ulak alias Iwan menambahkan.

    Ikwansyah, Ketua Mahasisawa Kecamatan Tambang kemudian turut bersuara dengan keberadaan Indomaret yang seakan mendapat restu dari Pemkab Kampar ini. "Izin ini melanggar, Peraturan Bupati Kampar Nomor 73 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Kampar Nomor 62 tahun 2017 Tentang Petunjuk Penataan  & Pembinaan Toko Moderen Pasal 3 point 2 no 9 & Pasal 7 Ayat 2,"ujar Ikhwansyah.

    Semestinya, dikatakan aktivis kampus ini, bahwa Indomaret seharusnya melampirkan Surat Keterangan Sosialisasi pendirian dari masyarakat sekitar. "Temuan kami dilapangan, sama sekali tidak ada sosialisasi yang dilakukan Indomaret di Desa Kualu. Kami mendesak, Bupati Kampar melalui Camat Tambang menolak kehadiran Indomaret dan Alfamart di Kabupaten Kampar terutama di Desa Kualu, karena akan membuat usaha kecil masyarakat disini gulung tikar," ujarnya.(rie)  


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Forum Pedagang Kualu Tempatan Menolak Kehadiran Indomaret
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar