Museum Sang Nila Utama di Kota Pekanbaru, Menyimpan Berbagai Benda Bercorak Budaya

Daftar Isi

    WISATA RIAU - Gedung Museum Nila telah diresmikan sejak tahun 1994. Di dalam museum ini terdapat 4000 lebih aneka koleksi berbagai benda-benda seni  budaya dan sejarah Provinsi Riau. Nama Museum Sang Nila berasal dari nama seorang Raja Bintan yang berkuasa sekitar abad  XIII di Pulau Bintan.

    Museum Sang Nila Utama merupakan museum warisan yang ada di Kota Pekanbaru. Museum ini mengumpulkan dan menyimpan warisan-warisan yang berhubungan dengan Riau-Budaya Melayu seperti pakaian adat pernikahan, permainan tradisional, instrumen-instrumen musik dan artefak-artefak tradisional lainnya. Tidak jauh dari museum ini terdapat gedung pameran yang disebut "Gedung Taman Budaya Riau”.

    Salah satu latar belakang berdirinya museum ini ialah banyaknya benda-benda bercorak budaya maupun sumber daya alam yang patut dilestarikan. Ditambah Riau dahulunya merupakan pusat kebudayaan dan juga pernah berada di puncak kejayaan sebagai kerajaan besar di Indonesia.

    Pengumpulan dan penyelamatan benda-bunda bercorak budaya ini dimulai pada tahun 1977/1978 dengan  waktu bertahap.  Setelah mengumpulkan benda-benda 'bernilai museum'  dengan melalui perjuangan panjang, maka pada tahun 1984/1985 pembangunan gedung museum pun dimulai. Museum ini diresmikan oleh Direktur Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Edi Sedyawati pada tanggal 9 Juli 1994.

    Objek wisata di RIAU ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari senin dan hari libur mulai jam 08.00 sampai 14.30. Pada waktu-waktu tertentu dilaksanakan pameran khusus dan kegiatan pengunjung lainnya yang bersifat edukatif kultural. Lokasi Museum Sang Nila Utama  berada di Jl. Jendral Sudirman No. 194, Pekanbaru.

    Di museum Sang Nila Utama, pengunjung akan dapat mengenal budaya dan benda-benda kuno peninggalan zaman dulu. Gedung pameran umum memiliki luas 1.123 dan terdiri dari dua lantai. Museum ini memiliki beberapa fasilitas lain seperti taman untuk bermain, gedung auditorium, penyuluhan serta perpustakaan. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Museum Sang Nila Utama di Kota Pekanbaru, Menyimpan Berbagai Benda Bercorak Budaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar