28 Orang Positif Terkonfirmasi Varian Delta, Gubri: Kita Mau Beli Alat Pendeteksinya

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Sejauh ini sebanyak 28 orang dinyatakan poaitif terkonfirmasi Covid-19, varian Delta. Karena, lambatnya soal pendeteksian ini,. Pemprov Riau dikatakan Gubri mau membeli alat pendeteksi varian delta ini.

    "Rencana kita mau beli alat pendeteksi varian delta, dari RS AA (Arifin Ahmad) Pekanbaru. Kita masih menunggu (alat) inden," ujar Gubernur Riau Syamsuar Jumat (27/8) di Pekanbaru.

    Alat itu dibeli karena selama ini Pemprov Riau terlalu lama menunggu hasil pemeriksaan swab pasien yang terindikasi varian delta. Bahkan hingga kini, ada beberapa sample yang sedang menunggu hasil dari pusat.
    "Terlambat hasilnya karena kita belum punya alat yang bisa mendeteksi varian baru, makanya kita beli aja sendiri," kata Syamsuar.

    Syamsuar menjelaskan, laporan yang pertama ada 6 orang terdeteksi varian delta dari swab PCR bulan Mei 2021 lalu. Sedangkan laporan yang baru, ada 22 orang dengan hasil swab PCR bulan Juli 2021. 
    Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Arifin Ahmad dr Nuzelly mengatakan, hingga saat ini pasien yang terinfeksi varian delta di Riau mencapai 28 orang. Sedangkan sample yang dikirim dalam jumlah banyak.

    "Kita kirim samplenya banyak, terakhir yang keluar hasilnya 22 orang yang bulan Juli lalu. Masih banyak sample yang kita tunggu. Kalau total yg positif varian delta 28 orang," kata Nuzelly.

    Nuzelly menyampaikan, pihaknya memang sedang mengajukan pembelian alat pendeteksi varian delta. Namun, masih menunggu alatnya datang.

    "Iya sudah kita kordinasikan dengan Balitbang juga untuk pengajuan pembelian alat itu, masih menunggu," kata Nuzelly.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 28 Orang Positif Terkonfirmasi Varian Delta, Gubri: Kita Mau Beli Alat Pendeteksinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar