Presiden Iran Serukan Muslim Sedunia Bersatu Lawan AS

Daftar Isi

    Foto: Hassan Rouhani (REUTERS/Lisi Niesner/File Photo)

    LancangKuning.Com, Teheran - Presiden Iran Hassan Rouhanimenyerukan seluruh umat muslim di dunia untuk bersatu melawan Amerika Serikat(AS). Rouhani meminta umat muslim dunia untuk tidak 'menggelar karpet merah bagi para kriminal' yang merujuk pada Arab Saudi, rival Iran.

    Pada Mei lalu, otoritas AS memberlakukan kembali sanksi-sanksi ekonomi untuk Iran. Hal itu terjadi setelah Presiden Donald Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir internasional yang disepakati tahun 2015 dan berujung pencabutan sanksi-sanksi Iran.

    Seperti dilansir Reuters, Sabtu (24/11/2018), seruan untuk melawan AS ini disampaikan Rouhani saat berbicara dalam sebuah konferensi internasional untuk persatuan Islam di Teheran. Pidato Rouhani dalam konferensi itu disiarkan langsung oleh televisi nasional Iran.

    "Menyerah pada Barat yang dipimpin Amerika akan menjadi pengkhianatan terhadap agama kita ... dan terhadap generasi masa depan di kawasan ini," tegas Rouhani dalam pidatonya.

    "Kita memiliki pilihan untuk menggelar karpet merah bagi para kriminal, atau dengan kekuatan penuh melawan ketidakadilan dan tetap setia pada Nabi (Muhammad SAW), Alquran kita dan Islam kita," imbuhnya.

    Pernyataan Rouhani itu diduga merujuk pada Arab Saudi dan negara-negara Teluk Arab lainnya yang memiliki hubungan dekat dengan AS.

    Diketahui bahwa Iran dan Saudi merupakan musuh sengit di kawasan Timur Tengah. Kedua negara selalu mendukung pihak yang berlawanan dalam sejumlah konflik, terutama di Suriah dan Yaman. Kedua negara juga mendukung faksi politik berbeda di Irak dan Lebanon.

    "Kita sudah membela kepentingan rakyat Saudi terhadap terorisme, agresi dan negara adikuasa... dan kita tidak meminta US$ 450 miliar untuk melakukannya," tandas Rouhani merujuk pada nilai kontrak Saudi dengan AS. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Presiden Iran Serukan Muslim Sedunia Bersatu Lawan AS
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar