Kocak, Tentara Taliban Belajar Setir Helikopter Black Hawk Sitaan

Daftar Isi

     

    Foto: Pejuang Taliban menyita helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk. (Eurasia Times)

     

    Lancang Kuning – Setelah berhasil menguasai sejumlah wilayah di Afghanistan, pasukan Taliban juga mampu merebut pangkalan militer Amerika Serikat (AS). Taliban bahkan menyita banyak kendaraan tempur yang dipasok oleh AS.

    Salah satu yang berhasil disita oleh pasuakan Taliban adalah helikopter canggih, Sikorsky UH-60 Black Hawk. Lewat pantauan VIVA Militer dari akun Instagram resmi media Rusia, RT, diunggah sebuah video berdurasi 47 detik.

    Dalam video tersebut, tampak seorang pejuang Taliban tengah memperhatikan satu unit helikopter Black Hawk yang bergerak di landasan Bandara Internasional Kandahar.


    Ternyata, helikopter buatan Amerika itu dikendarai oleh seorang pejuang Taliban lainnya. Terlihat helikopter tersebut melaju di landasan pacu Bandara Internasional Kandahar, menuju helipad.

    Sepertinya, pejuang Taliban baru bisa menggerakkan helikopter itu dan belum mampu menerbangkannya. 

    Dalam data yang dikutip VIVA Militer dari Military Times, Angkatan Udara Afghanistan memiliki 16 unit helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk. Akan tetapi, sejumlah unit helikopter cangih itu hancur saat Taliban melancarkan serangan sejak 1 Mei 2021 lalu.


    Menurut kabar, militer Afghanistan sebenarnya sudah memesan banyak helikopter Black Hawk. Data menyebut, ada 143 unit helikopter Black Hawk yang dipesan. (LK)

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Kocak, Tentara Taliban Belajar Setir Helikopter Black Hawk Sitaan

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kocak, Tentara Taliban Belajar Setir Helikopter Black Hawk Sitaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar