Laku Tiap 28 Detik, Inilah Mobil Terlaris di Dunia

Daftar Isi


    Foto: All New Toyota Corolla Altis. (Dok: TAM)

     

    Lancang Kuning – Gelar mobil terlaris di dunia merupakan sebuah prestasi yang sangat bergengsi, dan jadi idaman banyak produsen kendaraan bermotor. Namun, untuk mendapatkannya bukan perkara yang mudah.

    Alasannya sederhana, setiap wilayah memiliki kebutuhan dan selera yang berbeda. Misalnya, mobil multi purpose vehicle atau MPV saat ini hanya laku di Indonesia dan beberapa negara lain saja. Sementara di Eropa, model yang laku keras adalah sport utility vehicle atau SUV.

    Menurut data dari organisasi produsen kendaraan bermotor OICA, pada 2019 ada lebih dari 63 juta unit kendaraan penumpang yang dipasarkan di seluruh dunia. Jumlah itu berasal dari sekitar 60 merek otomotif, yang masing-masing memproduksi banyak model dan tipe mobil.

    Dari data tersebut, bisa dilihat bahwa persaingan untuk mendapatkan gelar mobil terlaris sangat ketat. Meski demikian, model yang satu ini sukses meraihnya selama bertahun-tahun.

    Dilansir VIVA Otomotif dari laman Paultan, Sabtu 14 Agustus 2021, mobil yang dimaksud adalah Toyota Corolla, yang baru saja berhasil melewati angka 50 juta unit produksi.

    Predikat sebagai mobil yang paling laku di bumi, dipegang oleh model tersebut sejak 1997. Pada tahun lalu, pabrikan mobil asal Jepang itu berhasil menjual lebih dari 1,1 juta unit Corolla.

    Saat ini Toyota Corolla dipasarkan dalam beberapa varian di 150 negara, dan menurut data terbaru satu unit kendaraan berkapasitas lima orang itu terjual setiap 28 detik.

    Generasi pertama mobil ini dirilis di Jepang, pada 1966. Negara pertama yang jadi tujuan ekspor, yakni Australia. Layaknya tren saat itu, Toyota membekali Corolla dengan lampu bulat dan spion di kap mesin. Mesinnya berkapasitas 1.100cc, dengan kode KE10.

    Krisis bahan bakar pada 1974, membuat Corolla generasi ketiga laris manis di seluruh dunia. Toyota mengubah lampu menjadi lebih lebar, dan bentuk depan serta belakangnya diubah lebih modern. Lalu, pada era 1980-an muncul seri legendaris Corolla DX.

    Saat ini, Toyota Corolla yang dijual merupakan generasi ke-12 dan sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA dan teknologi Toyota Safety Sense. Model ini juga hadir dalam wujud SUV, dengan nama Toyota Corolla Cross. (LK)

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Laku Tiap 28 Detik, Inilah Mobil Terlaris di Dunia

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Laku Tiap 28 Detik, Inilah Mobil Terlaris di Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar