Lopek Bugi Kampar-Serambi Mekah Riau-, Makanan Khas Riau Turun Temurun

Daftar Isi

    WISATA KULINER KAMPARLopek bugi merupakan Makanan Khas Daerah Kampar. Lopek berarti lepat dan bugi artinya ketan. Sehingga lopek bugi berarti lepat yang terbuat dari bahan dasar ketan. Istilah bugi diambil karena cara pembuatan lopek bugi pada zaman dulu kala dengan menumpuk beras ketan dengan lesung hingga halus, setelah itu barulah dijadikan adonan. Orang zaman dulu menyebut beras ketan yang ditumbuk dengan lesung dengan istilah bugi.

    Makanana khas dari Kota Serambi Mekah Riau ini sangat enak sekali, dengan tekstur yang kenyal dan lembut dimana terdapat inti kelapa manis di dalamnya. Saat ini untuk membuat lopek bugi kita tidak perlu susah untuk menumpuk beras ketan dengan lesung terlebih dahulu, karena sudah ada beras ketan yang telah diproduksi menjadi tepung ketan, dengan begitu tepung ketan ini sudah siap diolah untuk dijadikan lopek bugi.

    Jika ingin membuat lopek bugi gunakan saja tepung beras ketan sudah ada. Lopek bugi ada yang hitam dan putih tergantung tepung beras ketan warna apa yang digunakan untuk membuat lopek bugi. Lopek bugi meskipun ada yang hitam dan putih tetap saja isi di dalamnya kelapa parut. Membuat sendiri lopek bugi tidak lah terlalu sulit dan bahan-bahannya juga sangat sederhana. Diantaranya, tepung ketan kelapa, gula putih, santan dan daun pisang untuk pembungkus.

    Tepung ketan dan santan di adon sampai rata dengan garam dan air secukupnya. Dan untuk intinya menggunakan kelapa parut, gula, sedikit vanilla, garam dan daun pandang-agar wangi- kemudian adonan ini disangrai sekitar 30 menit. Selama disangrai adonan harus terus diaduk rata dengan api yang kecil agar tidak hangus.

    Selain dibuat sendiri, lopek bugi juga akan kita jumpai di sepanjang kawasan jalanraya Pekanbaru Bangkinang KM 30 atau di Desa Danau Bingkuang, Kabupaten Kampar. Terdapat kios-kios yang berjejer sepangjang jalan, karena ada Sekitar 28 kios yang berjejer di sini. Ini merupkan kios lopek bugi yang ada di Kampar. Dengan brandol lopek bugi Rp. 10,000,- per. Dengan satu bungkus ada 10 buah lopek bugi. Kios-kios ini sepanjang siang dan malam tetap buka menjual lopek bugi khas daerah Kampar. (hyAzn)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lopek Bugi Kampar-Serambi Mekah Riau-, Makanan Khas Riau Turun Temurun
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar