Mahasiswa KKN UNRI Manfaatkan Tumbuhan Mangrove Menjadi Bahan Makanan

Daftar Isi

    Foto: Mahasiswa KKN Balek Kampung UNRI Tahun 2021

     

    Lancang Kuning, SIAK - Salah satu program kerja unggulan kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) balek kampung Universitas Riau tahun 2021 yang bertepatan di Kampung Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak adalah pemanfaatan tumbuhan mangrove menjadi bahan makanan.

    Kampung kayu ara permai merupakan salah satu kampung yang memiliki ekowisata manggrove yang bernama mangrove sungai bersejarah, yang mana di ekowisata ini terdapat berbagai macam jenis mangrove.  Namun pemanfaatan tumbuhan mangrove ini masih kurang maksimal. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN balek kampung mengadakan pelatihan pembuatan makanan dari tumbuhan mangrove.

    Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 17 Juli 2021 berpusat diaula ekowisata mangrove kampung kayu ara permai, siak. Dalam acara ini juga mengundang Penghulu kampung kayu Ara permai. Adapun peserta dari kegiatan ini adalah anggota Kelompok Konservasi Laskar Mandiri dan ibu-ibu PKK Kampung Kayu Ara Permai. 

    Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan kepada anggota Kelompok Konservasi Laskar Mandi dan Ibu PKK kampung kayu ara permai bahwasanya tumbuhan mangrove ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, yang mana makanan ini dapat dijadikan makanan khas dari kampung kayu ara permai.

    Ditambah, tumbuhan mangrove yang dapat diolah yaitu buah api-api, buah pedada, dan daun jeruju. makanan yang dapat dibuat yaitu Bolu api-api, keripik daun jeruju, selai pedada, klepon api-api, dan sirup pedada.

    Mahasiswa kkn balek kampung berharap, “ supaya ibu-ibu pkk dan Kelompok Konservasi  laskar mandiri Kampung Kayu Ara Permai dapat meneruskan membuat makanan tersebut agar menjadi tambahan penghasil bagi mereka. (LK/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mahasiswa KKN UNRI Manfaatkan Tumbuhan Mangrove Menjadi Bahan Makanan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar