Sebulan Menunggu, Hasil Uji Sampel Varian Delta Tak Kunjung Keluar

Daftar Isi

    Foto: Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Riau, dr Indra Yovi

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU -  Lamanya pemeriksaan sampel untuk mengetahui mutasi virus baru varian delta di Riau masih menjadi kendala.

    Saat ini untuk pemeriksaan sampel varian delta tidak bisa dilakukan di Lab yang ada di Riau.

    Sehingga Satgas COVID-19 Riau terpaksa harus mengirimkan sampel ke Litbangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta. 

    Namun, proses pemeriksaan sampel di Litbangkes Kemenkes ini memakan waktu yang cukup lama. Akibatnya Satgas belum bisa memastikan apakah varian delta sudah masuk ke Riau atau belum.

    "Pemeriksaan di litbangkes sampai hari ini belum keluar hasilnya, padahal sampelnya sudah sebulan yang lalu kita kirim," kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Riau, dr Indra Yovi, Selasa (27/7/2021), dikutip dari media center riau

    Ia mengkhawatirkan jika virus varian delta sebenarnya sudah masuk di Riau. Hanya saja belum dibuktikan dengan hasil lab. 

    Dugaan tersebut menyusul tingginya penyebaran kasus baru pasien terkonfirmasi COVID-19. Termasuk angka kematian akibat virus corona di Riau. 

    "Kalau semua secara lab belum, tapi secara epidemiologi kemungkinan besarnya sudah, cuma belum terbukti,  yang jelas sekarang jumlah kasus kita banyak, rumah sakit hampir penuh, sudah diatas 80 persen, bahkan sudah banyak  yang 100 persen untuk ruang ICU nya," kata Yovi. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sebulan Menunggu, Hasil Uji Sampel Varian Delta Tak Kunjung Keluar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar