Lewat Pagelaran Seni, Taruna Akademi Angkatan Laut Hibur Warga di Dumai

Daftar Isi

    Foto: Taruna Akademi Angkatan Laut Hibur Warga di Dumai. (Istimewa)

    LancangKuning.Com, DUMAI - Para Taruna Akademi Angkatan Laut Tingkat IV Angkatan 64 praktek latihan Jala Yudha 2018 menghibur ribuan masyarakat Kota Dumai dengan pagelaran seni dan budaya dari berbagai suku adat istiadat Indonesia, Rabu malam di Lapangan Bukit Gelanggang.

    Penampilan seni dimainkan 122 taruna TNI Al ini disaksikan Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo, Pjs Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Agung Jaya Sartika dan sejumlah unsur pimpinan daerah, Perwira Pelaksana Lattek Jala Yudha 2018 Letkol Laut Filda Malari dan perwira TNI AL lainnya.

    Sejumlah kesenian ditampilkan, diawali Tarian Perang dari Provinsi Papua, Samudra Band menyanyikan lagu Bengawan Solo, Seni Gendang Madura, Tari Saman dari Aceh, Tari Kecap kesenian Provinsi Bali, Pantomim, dansa khas prajurit serta ditutup lagu Kemesraan.

    Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo mengatakan, warga menyaksikan dengan bangga penampilan seni para taruna yang sangat menunjukkan kekuatan dan semangat patriotisme menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

    Kegiatan seni ini sangat bermanfaat karena menampilkan tarian nusantara yang dapat membuka cakrawala tentang keanekaragaman budaya dan adat istiadat di Indonesia, sehingga kedepan harus dipertahankan.

    "Masyarakat dumai sangat bangga dengan taruna, kami kagum dan berbesar hati melihat kekuatan TNI AL dalam menjaga kedaulatan negara, semoga kegiatan ini bermanfaaat bagi kita semua," kata Eko.

    Keberadaan Markas Komando Pangkalan TNI AL di Kota Dumai, diharap Eko bisa menjaga wilayah di perbatasan dari masuknya barang terlarang, terutama narkoba karena Dumai sering diberitakan menjadi pintu masuk barang haram tersebut.

    Perwira Pelaksana Latihan Praktek Jala Yudha Taruna AAL 2018 Letkol (P) Filda Malari menyebutkan, pagelaran seni ini merupakan rangkaian Lattek sebagai latihan terakhir untuk menyelesaikan buku tugas dan melaksanakan berbagai peran diatas kapal perang.

    "Acara pentas seni ini juga ajang promosi akademi angkatan laut dengan harapan bisa meningkatkan animo pemuda bergabung dengan TNI AL," sebut Letkol Laut Filda.

    Diberitakan, kunjungan Latihan Praktek Pelayaran Jala Yudha 122 Taruna AAL Tingkat IV Angkatan 64 Tahun 2018 ini ke Mako Lanal Dumai datang dengan dua Kapal Perang RI Komando Armada II milik TNI AL, yaitu KRI Teluk Banten-156 dan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, dan bersandar di Dermaga A Pelindo Dumai.

    Rombongan taruna dengan 13 taruni ini sebelumnya bertolak dari Surabaya menuju Lampung dan ke Dumai hingga Jumat (16/11), selanjutnya bergerak ke Ranai Provinsi Kepulauan Riau, lalu Palembang dan kembali ke Surabaya.

    Praktek pelayaran Jala Yudha Taruna AAL ini dipimpin Komandan Satgas Latihan Jala Yudha Letkol (P) Filda Malari, bersama Komandan KRI TBT-516 Letkol (P) Dwi Yoga serta Komandan KRI AHP-355 Letkol (P) Sumarji Bimoaji, selama di Dumai melakukan kunjungan kehormatan ke pemerintah daerah, sosialisasi dan promosi AAL ke sekolah menengah atas, melihat objek wisata, pentas seni, olahraga serta drum band. (*)

    Sumber.Goriau

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lewat Pagelaran Seni, Taruna Akademi Angkatan Laut Hibur Warga di Dumai
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar