Wabup Siak Husni Ajak Mustahik Doakan Diri Supaya Jadi Muzakki

Daftar Isi

    SIAK, Lancangkuning.com - Wakil Bupati Siak H Husni Merza mengajak para mustahik atau penerima zakat untuk mendoakan para muzakki, dan mendoakan diri sendiri agar suatu saat bisa menjadi muzakki.

    Hal itu disampaikan Husni, saat penyaluran zakat tahap III, Kamis (8/7/2021), di Masjid Anum, Kampung Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau. 

    "Sebagai rasa syukur bapak dan ibu semua yang menerima bantuan ini, agar selalu mendoakan para muzaki agar semakin lapang rezekinya, tapi jangan lupa berdoa untuk diri sendiri agar bisa menjadi muzakki," kata pria empat anak ini. 

    Husni menyampaikan, perintah zakat ini sangat jelas di dalam Al Qur'an, ada 30 kali penyebutan kata zakat di dalam Al-Quran dan 27 kalinya disandingkan dengan kata shalat. Banyaknya pengulangan ini menunjukkan bahwa shalat dan zakat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam bangunan Islam.

    Mantan ketua KPU Siak ini mengajak, masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki agar menunaikan kewajibannya untuk membayar zakat. 

    "Di dalam harta yang kita punya terdapat hak-hak orang miskin yang harus dipenuhi lewat membayar zakat. Berzakat akan membuat harta yang kita punya menjadi berkah untuk kehidupan," ucap Husni. 

    Selain itu lanjut dia, membayar zakat juga mengangkat derajat keimanan, sekaligus membantu sesama saudara yang membutuhkan. Karena berzakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi sebagai hamba Allah SWT.

    Sementara Ketua UPZ kecamatan Sungai Mandau Thamrin menyampaikan, pihaknya akan menyalurkan sebanyak Rp130 juta terdiri dari pola konsumtif dan produktif. 

    Ia sampaikan sebanyak 92 orang mustahik menerima bantuan zakat dalam bentuk sembako dan uang tunai, berjumlah Rp600.000. Terdiri dari beras, minyak makan, mie instan dan telur ayam. Total zakat yang disalurkan pada saat itu sebanyak Rp55.200.000. 

    Wakil ketua IV Baznas Siak Rozikin mengatakan, total penyaluran zakat pada tahap III untuk pola konsumtif dan produktif sebanyak Rp 3,3 miliar untuk 14 kecamatan.  

    Kata dia, bantuan untuk Kecamatan Sungai Mandau berupa, pemasangan listrik di rumah warga di Kampung Olak, Sungai Selodang, Tasik Betung, dan Lubuk Jering, pembangunan rumah layak huni di Muara Bungkal dan akan membangun jamban bersih. 

    Menyambut hari raya kurban, pihak Baznas Siak membuat program sedekah kurban. Saat ini telah terkumpul 9 ekor kambing, yang akan dibagikan  untuk Kecamatan Sungai Mandau dan Kandis.

    Salah satu golongan yang berhak menerima zakat ialah fakir dan miskin. Rusmaini, janda  berusia 55 tahun itu, hidup dalam keterbatasan ekonomi. Sejak ditinggal mendiang suaminya, kini ia hidup bertiga bersama anak-anaknya di kampung Sungai Selodang, Sungai Mandau. 

    Untuk kebutuhan sehari-hari Rusmaini hanya bekerja serabutan atau tukang potong getah yang penghasilannya hanya pas-pasan. 

    Rusmaini bersyukur, masih ada pihak-pihak yang peduli terhadap kaum lemah seperti dirinya. Ia berharap bantuan tersebut terus berlanjut dan jumlahnya semakin banyak. 

    “Sebenarnya ini tidak cukup ditambah dengan kondisi sekarang seperti ini, tapi mau gimana lagi ini harus tetap disyukuri," ungkap Rusmaini.

    Ia datang bersama warga Kampung lainnya ke tempat penyaluran zakat tersebut atas undangan pegawai kantor penghulu (desa) masing-masing. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wabup Siak Husni Ajak Mustahik Doakan Diri Supaya Jadi Muzakki
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar