Gubri Kembali Ajak Komponen Masyarakat Lakukan Gerakan Pemanfaatan Lahan Tidur

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau. 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kembali mengajak para bupati/wali kota serta berbagai komponen masyarakat untuk melakukan gerakan penyediaan pangan daerah melalui pemanfaatan lahan tidur. 

    Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petanani serta menjaga ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat. Selain itu, pemanfaatan lahan tidur juga sangat berguna bagi kehidupan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. 

    Ajakan ini disampaikan Gubri saat menyerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di UPT Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Rabu (30/6/2021).

    "Hampir semua bahan pangan utama masih belum tercukupi dari hasil produksi sendiri, ini artinya Riau memerlukan pasokan dari daerah lain," ujarnya, dikutip dari media center riau

    Hasil produksi beras Provinsi Riau sendiri baru bisa memproduksi sekitar 24,3 persen dari total kebutuhan konsumsi, yang akan semakin menigkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. 

    "Dengan begitu perlu dilakukan upaya yang serius dan gerak cepat dari kita semua dalam penyediaan pangan," jelasnya. 

    Untuk memenuhi kebutuhan pangan di Riau, selain meningkatkan produksi padi, Gubri juga menginginkan upaya peningkatan tanaman pangan lainnya seperti Jagung, Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu, Ubi Jalar dan Talas. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubri Kembali Ajak Komponen Masyarakat Lakukan Gerakan Pemanfaatan Lahan Tidur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar