Baru 7 Persen, Vaksinasi Kelompok Lansia di Riau Terus Digesa

Daftar Isi


    Foto: Jubir Covid-19 Provinsi Riau. 
     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi mengungkapkan, saat ini pelaksanaan vaksinasi di Riau masih berlanjut. Prioritas vaksin saat ini akan untuk kelompok Lanjut Usia (Lansia).

    "Dari sekitar 964.846 target vaksinasi di Provinsi Riau, yang masih rendah adalah kelompok Lansia," kata dokter spesialis paru RSUD Arifin Achmad ini, Kamis (17/6/2021). 

    Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hingga saat ini jumlah Lansia yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 40.929 orang atau 7 persen dari target sasaran sebanyak 582.505 orang Lansia.

    Sedangkan untuk dosis kedua realisasinya masih rendah, baru sebanyak 18.629 orang atau sekitar 3 persen saja dari total target sasaran. 

    Melihat rendahnya realisasi vaksinasi untuk kelompok Lansia, dr Indra Yovi mengimbau kepada masyarakat agar yang memiliki orang tua di rumah dengan usia 50 tahun keatas supaya bisa didaftarkan atau dibawa ke puskesmas maupun ke lokasi vaksinasi mobil keliling yang disiapkan oleh Pemko Pekanbaru. 

    "Dengan KTP saja sudah bisa dilakukan vaksinasi. Namun sebelum dilakukan penyuntikan vaksin tetap dilakukan pemeriksaan kesehata atau discreening dulu, layak atau tidak dilakukan vaksinasi dari segi kesehatan," kata Yovi, dikutip dari media center Riau. 

    Pihaknya berharap realisasi pelaksanaan vaksinasi untuk kelompok Lansia bisa ditingkatkan. Sehingga angka kematian pada lansia akibat Covid-19 dapat di tekan.

    Sebab saat ini banyak kasus kematian akibat Covid-19 yang terjadi pada pasien yang usianya diatas 50 tahun. 

    "Iya, banyak meninggal dunia akibat covid-19 adalah usia diatas 50 tahun," katanya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Baru 7 Persen, Vaksinasi Kelompok Lansia di Riau Terus Digesa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar