Ada Tanda Ini di Kuku, Waspada Terinfeksi COVID-19

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi kuku. (U-Report)

    Lancang Kuning – Saat ini, masyarakat sudah sangat menyadari tanda dan gejala umum dari COVID-19 dan efeknya yang merusak pada tubuh manusia. Namun, ada begitu banyak tentang COVID-19 yang jarang diketahui, termasuk gejala pada kuku.

    Beberapa dari tanda-tanda ini bahkan bisa muncul lama setelah pemulihan yang sering tidak diperhatikan. Ini bukan yang pertama, sebab gejala lain juga muncul, termasuk jari kaki, lidah dan rambut rontok. 

    Apa yang kini disebut sebagai "COVID Nail" mungkin tampak tidak berbahaya tetapi bisa menjadi tanda bahwa Anda telah terinfeksi virus corona jenis baru itu. Mari kita pahami lebih detail dikutip dari laman The Health Site.

     

    Apa Itu COVID-19 Nail?

    Tanda-tanda umum COVID-19 termasuk demam, batuk, kehilangan indra perasa dan penciuman. Beberapa pasien juga mengalami gejala pada kulit mereka. Seperti yang disebutkan, perubahan pada kuku Anda juga dapat berpengaruh. COVID Nail atau gejala di kuku sedang diselidiki sebagai kemungkinan efek samping dari penyakit tersebut.

    Dengan tanda yang jelas seperti garis yang tegas di dasar kuku. Tanda ini yang pertama kali dicatat oleh ahli epidemiologi Inggris Tim Spector, yang juga terlibat dalam gejala COVID-19 yang berbasis di Inggris. Terlihat dari postingan tweet-nya, beberapa orang menunjuk tanda di kuku mereka. 

    Efek samping COVID-19 ini secara medis dikenal sebagai garis Beau. Untuk pengidap gejala ini, kuku mereka tampak berubah warna atau pucat beberapa minggu kemudian. Meski begitu, para ahli merasa bahwa stres atau penyakit akut lain dapat memiliki pengaruh negatif pada kesehatan Anda, yang dapat menyebabkan perubahan di kuku.

    Tanda-tanda COVID Nail mungkin muncul seperti Ini

    Menurut penelitian, gejala kuku COVID-19 mungkin muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah pulih dari virus. Itu bisa muncul di jari kaki Anda juga. Alur, yang umumnya berwarna putih dan melintasi lempeng kuku Anda, adalah gejala paling umum dari efek buruk ini. Garis Beau juga dapat berbentuk lekukan, lekukan, atau lekukan, dan dapat muncul pada banyak lempeng kuku sekaligus.

    Sementara banyak penyintas virus corona telah melaporkan efek samping yang aneh ini. Para ahli percaya bahwa itu mungkin tidak mempengaruhi setiap pasien COVID-19. Namun, ini bisa sana terjadi pada beberapa pasien, tetapi mungkin tidak cukup jelas untuk mengenalinya.

    Apa penyebab gejala ini?

    Menurut laporan, garis beau dapat terjadi karena tekanan fisik pada tubuh, seperti infeksi, kekurangan gizi, atau efek samping obat-obatan seperti obat kemoterapi. Karena garis beau sering disebabkan oleh penyakit sistematis atau pengobatan tertentu, perawatannya tergantung pada pemulihan Anda dari penyakit tersebut.

    Diyakini bahwa tidak ada pengobatan khusus untuk kondisi ini, tetapi cenderung tumbuh jika kondisi yang mendasarinya ditangani tepat waktu.

    Kebanyakan ahli percaya bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena itu adalah satu-satunya tanda bahwa tubuh telah pulih dari penyakit. Namun, jika Anda melihat gejala tersebut dan masih ragu, konsultasikan ke dokter untuk memastikannya. (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Ada Tanda Ini di Kuku, Waspada Terinfeksi COVID-19

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ada Tanda Ini di Kuku, Waspada Terinfeksi COVID-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar