Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan Kulit

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Bunga mawar merupakan jenis perdu dari genus Rosa yang dinamakan bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini. Lebih dari 100 spesies mawar liar, sebagian besar tumbuh di berada dibagian bumi utara yang sejuk. Jenis bunga mawar umumnya berupa perdu yang berduri, yang tingginya bisa mencapai 2 - 5 meter. Namun jarang, tinggi bunga mawar yang merambat pada tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

    Sebagian besar spesies memiliki daun dengan panjang antara 5-15 cm dengan dua buah yang berlawanan (menyirip). Daun majemuk yang setiap tangkai daunnya minimal terdiri dari 3 atau 5 sampai 9 atau 13 daun dan daun penyangga (stipula) yang berbentuk lonjong, berduri menyirip, bermata, meruncing di ujung daun dan berduri pada batang yang berada dekat dengan tanah. Tanaman tropis, sebagian besar spesies menggugurkan daunnya sepenuhnya dan hanya beberapa spesies di Asia Tenggara yang selalu hijau sepanjang tahun.

    Manfaat Bunga Mawar untuk Kulit

    Berbagai manfaat bunga mawar yang bisa mempercantik kulit. Dari kulit yang berjerawat hingga kulit yang kusam, bunga mawar dapat membantu untuk mengatasi masalah kulit. Berikut ini penjelasannya:

    1. Obat Jerawat Alami

    Manfaat bunga mawar adalah sebagai obat jerawat alami. Pada penjelasan ini akan sangat bermanfaat, apalagi jika kulit seseorang mengalami masalah kulit. Cara mengatasi masalah kulit berjerawat bisa dengan menggunakan air mawar. Bentuk penggunaan air mawar sebagai obat jerawat sudah sering dibicarakan di dunia kecantikan. Hal tersebut dikarenakan sebuah kelopak mawar memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat. Selain itu, terdapat phenyl ethanol atau senyawa antiseptik yang dapat membantu dan mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit.

    2. Melembabkan Kulit Wajah

    Kegunaan lain dari air mawar adalah untuk mengatasi masalah kulit kering. Ada banyak masalah yang disebabkan oleh kulit kering, contohnya mudah iritasi, jerawat, dan penuaan dini. Untuk menghindari masalah kulit, Anda dapat mengoleskan air mawar sebagai pembersih atau toner wajah secara menyeluruh dan rutin. Anda juga bisa menggunakan air mawar sebagai face mist. Jadi, ketika kulit Anda terasa kering, yang harus Anda lakukan adalah menyemprotkan air secara merata ke wajah Anda. Karena, terdapat  kandungan pelembab dan antioksidannya yang alami, tidak heran jika khasiat bunga mawar menjadi pelembab wajah yang ampuh.

    3. Mencerahkan Warna Bibir

    Kegunakan bunga mawar untuk mencerahkan bibir yang gelap. Caranya yaitu dengan membuat pasta kelopak mawar segar yang dicampuri dengan beberapa tetes madu dan sesendok susu krim. Setelah pasta selesai, oleskan pada bibir Anda dan biarkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Tidak hanya memberikan kesan merona, bibir Anda juga akan lebih lembab karena khasiat bunga mawar yang juga merupakan pelembab alami.

    4. Mengatasi Peradangan Kulit

    Manfaat dan kegunaan bunga mawar selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan pada kulit. Selain itu, bunga mawar mengandung zat antioksidan dan antibakteri. Bunga mawar  memiliki sifat antiinflamasi yang tidak membahayakan pada perandangan kulit. Karena itulah bunga mawar sangat aman digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawat. Bahkan bunga mawar juga dipercaya mampu mengatasi masalah peradangan pada kulit akibat faktor lain seperti eksim.

    5. Menghambat Penuaan Dini

    Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa salah satu khasiat bunga mawar yaitu menghambat penuaan dini. Dengan meminum airnya saja, bunga mawar dapat mengurangi garis-garis halus atau kerutan di wajah. Air mawar mengandung zat pelembab sekaligus antioksidan. Kandungan antioksidannya sendiri diketahui mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi masalah kerusakan kulit. Meski begitu, penelitian terkait penggunaan air mawar untuk mencegah penuaan dini masih sangat terbatas. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap potensi yang dikandung oleh bunga mawar.

    (Rafqi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan Kulit
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar