Dekrasnada Pekanbaru, Pusat Oleh-Oleh Kerajinan Terlengkap di Riau

Daftar Isi

    Dekrasnada Riau merupakan pusat oleh-oleh kerajinan Riau terlengkap di Pekanbaru. Berbagai macam aksesoris dapat dijumpai di sini seperi busana melayu, batik Riau, kain tenun, songket, berbagai kerajinan kayu, anyaman pandan, kerajinan tekat dan lain-lain.

    Alamat Dekrasnada Riau ada di Jl. Sisingamaraja dan Jl. Durian. Dekranasda sendiri merupakan Dewan Kerajinan Tingkat Daerah adapun Dewan Kerajinan Tingkat Nasional disebut dengan istilah Dekranas. Organisasi ini merupakan organisasi yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk meningkatkan kerajinan dan pelaku bisnis kerajinan dan juga kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

    Dewan Kerajinan Nasional ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan bersama dua Menteri, yaitu Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Nomor: 85/M/SK/3/1980 dan Nomor: 072b/P/1980, pada tanggal 3 Maret 1980 di Jakarta. Kemudian dibentuklah tingkat daerah agar agenda di daerah terdukung dan lancar, dengan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 537/5038/Sospol, tanggal 15 Desember 1981, dibentuklah organisasi DEKRANAS tingkat daerah (DEKRANASDA). Kepengurusan DEKRANASDA dikukuhkan oleh Ketua Umum DEKRANAS atas usulan daerah.

    Adapun Dekranasda Riau saat ini diketuai oleh  Hj. Sisilita Arsyadjuliandi, istri Plt Gubernur Riau. Kemudian ketua Dekranas Pusat ialah Hj. Mufida Jusuf Kalla. Kerajinan di Provinsi Riau tentu akan meningkatkan wisata di Riau sendiri, karena setiap wisatawan akan membawa buah tangan dari daerah kunjungan sebagai cendramata. Produk kerajinan yang ada dengan sendirinya juga sangat mendukung pariwisata dan UKM yang ada. Dengan ditonjolkannya kerajinan tiap-tiap daerah akan sangat meningkatkan pada sektor ekonomi kreatif. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dekrasnada Pekanbaru, Pusat Oleh-Oleh Kerajinan Terlengkap di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar