Vaksin COVID-19 Menghambat Kesuburan Wanita, Ini Kata Pakar

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi vaksin virus corona

    Lancang Kuning – Pandemi COVID-19 terus menantang semua orang, yang mengingatkan untuk tetap sehat dan meningkatkan kekebalan kita. Pemberian vaksin baru-baru ini di Indonesia membawa banyak pertanyaan tentang potensi vaksin, efek samping, keraguan dan rasa takut yang dapat berdampak pada kesehatan. 

    Hal ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang apakah aman untuk memikirkan vaksinasi jika seseorang merencanakan kehamilan karena risikonya dua kali lipat bagi ibu dan bayi yang belum lahir. Dr. Ritu Hinduja, Konsultan Kesuburan, Nova IVF Fertility, Mumbai dikutip dari Pinkvilla menjelaskan dampak vaksin COVID-19 pada kesuburan Anda.

    Apakah vaksinasi COVID-19 penting untuk wanita hamil atau orang yang berencana hamil?

    Disarankan agar semua wanita hamil dan mereka yang berpikir untuk memiliki anak meminum vaksin karena akan membantu sistem kekebalan mereka untuk melawan virus.

    Akankah vaksin covid-19 memengaruhi kesuburan?


    Saat ini, terdapat rumor bahwa vaksin COVID-19 akan menyebabkan masalah kesuburan dengan menciptakan antibodi yang secara keliru menyerang protein yang sangat penting untuk pembentukan plasenta, yang disebut syncytin-1, karena memiliki sedikit kesamaan genetik dengan protein lonjakan virus corona.

    Tidak ada alasan biologis atau berbasis bukti untuk percaya bahwa ini benar, dan sejak itu telah dibantah oleh banyak ahli.

    Tidak ada bukti atau indikasi bahwa vaksinasi India akan memengaruhi kesuburan di masa depan. Federation of Obstetricians and Gynecological Society of India (FOGSI) baru-baru ini mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 harus diberikan kepada ibu hamil dan wanita menyusui dengan persiapan untuk menangani efek samping dan di bawah pedoman dari kementerian kesehatan secara langsung.

    Haruskah seseorang mendapatkan vaksin COVID-19 jika berencana hamil?

    Beberapa perawatan kesehatan kehamilan dan kesuburan seperti FOGSI merekomendasikan vaksinasi COVID-19 selama kehamilan. Karena vaksin COVID-19 tidak mengandung virus yang sebenarnya, vaksin tersebut tidak dianggap menyebabkan risiko tinggi untuk kehilangan pada trimester pertama atau kedua, keguguran, atau kelainan genetik.

    Haruskah seseorang mendapatkan vaksin COVID-19 jika sedang menjalani perawatan kesuburan?

    Menurut para ahli perawatan kesehatan, pasien yang menjalani perawatan kesuburan harus didorong untuk menerima vaksin COVID-19 jika tersedia untuk mereka. Pasangan mungkin memiliki lebih banyak pertanyaan, jadi selalu disarankan untuk mencari ahli kesuburan untuk menghilangkan semua keraguan dan mendapatkan nasihat yang tepat.


    Namun, pasangan mungkin ingin mempertimbangkan kembali waktu mereka mengambil vaksin COVID-19 selama perawatan kesuburan mereka karena mungkin ada efek samping dari vaksin seperti demam, sakit kepala, merasa lelah atau sakit badan. Dianjurkan untuk menjadwalkan perawatan kesuburan setelah hari vaksinasi yang direkomendasikan.

    Sangatlah penting untuk selalu mendapatkan informasi tentang fakta dan bukti yang benar tentang vaksin. Vaksin seharusnya memberikan perlindungan. Oleh karena itu, wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau sudah hamil dapat melakukan vaksinasi setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan. (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Vaksin COVID-19 Menghambat Kesuburan Wanita, Ini Kata Pakar

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Vaksin COVID-19 Menghambat Kesuburan Wanita, Ini Kata Pakar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar