Jaringan 5G Resmi Menyapa Indonesia

Daftar Isi

    Foto: Jaringan 5G Telkomsel. (Dokumen Kominfo)

    Lancang Kuning – Operator seluler Telkomsel resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia secara komersial pada Kamis, 27 Mei 2021. Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan peluncuran jaringan generasi kelima itu menjadikannya sebagai operator telekomunikasi yang siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

    "Kami bisa menumbuhkan talenta digital dan digitalpreuner di Indonesia, sekaligus membuat competitiveness Indonesia semakin baik melalui layanan 5G," kata dia, saat meluncurkan layanan 5G Telkomsel di Jakarta, hari ini, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Setyanto menuturkan, sebagai tahap awal, layanan 5G Telkomsel akan tersedia di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

    Selain itu, anak usaha Telkom ini juga akan menyediakan jaringan 5G secara bertahap di kota-kota lain. Beberapa kota yang disebut akan dilayani 5G nantinya Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

    Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan peresmian layanan 5G Telkomsel menandai satu langkah baru revolusioner menatap masa depan telekomunikasi Indonesia. "Saya bangga melihat keseriusan Telkomsel mengambil langkah cepat," jelasnya.

    Untuk bisa menikmatinya, pelanggan tidak perlu lagi melakukan transmigrasi kartu SIM, seperti saat 3G ke 4G. Jaringan 5G Telkomsel menggunakan spektrum frekuensi radio 2,3GHz, yang didapatkan operator seluler tersebut melalui lelang awal tahun ini.

    Pemerintah menggelar lelang spektrum frekuensi sebelum penyelenggara telekomunikasi bisa menggunakan sumber daya alam terbatas tersebut. Setelah mendapatkan izin penggunaan spektrum frekuensi radio, penyelenggara telekomunikasi wajib membayar Biaya Hak Penggunaan (BHP) Spektrum Frekuensi Radio.

    Spektrum frekuensi 2,3GHz tergolong spektrum middle band, yaitu pada rentang 1GHz sampai 6GHz, yang cocok digunakan untuk jaringan mobile broadband. Kehadiran layanan 5G Telkomsel secara komersial berjalan panjang. Langkah itu dimulai dengan uji coba yang digelar pada Asian Games Jakarta-Palembang pada 2018.

    Tahun berikutnya, Telkomsel melakukan uji coba implementasi 5G di Batam, Kepulauan Riau, untuk keperluan industri. Lalu, pada 21 Mei 2021, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo menerbitkan SKLO untuk Telkomsel yang menandai resminya mereka menggelar 5G di Indonesia. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jaringan 5G Resmi Menyapa Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar