Manfaat Hidroponik

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Dalam konteks, hidroponik diartikan sebagai air kerja. Akan tetapi dalam bidang budidaya hidroponik merupakan suatu kegiatan pertanian dimana air digunakan sebagai media utama sebagai pengganti tanah. Media tanam seperti kerikil, pasir kasar atau sabut kelapa dapat digunakan dalam teknologi tanam.

    Hidroponik merupakan suatu cara membudidayakan tanaman dengan menggunakan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tumbuh, sehingga hidroponik sangat penting untuk pemenuhan nutrisi tanaman. Tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah lebih cepat, bahkan tanpa menggunakan tanah sebagai media tumbuh. Dimana pun tanaman itu tumbuh akan selalu tumbuh dengan baik bila unsur hara terpenuhi.

    Dalam metode hidroponik, fungsi media substitusi tanah hanya untuk menopang tanaman, dan yang terpenting air melarutkan unsur hara yang diserap oleh akar tanaman. Metode hidroponik dapat menghemat waktu dan ruang petani.

    Manfaat Hidroponik

    Beberapa manfaat hidroponik yang bisa diraih adalah:

    - Menghasilkan kualitas panen yang lebih baik.

    - Tanaman bisa terhindar dari hama.

    - Menggunakan Pupuk lebih hemat.

    - Menghemat ruang karena tidak membutuhkan lahan tahan yang luas untuk menanam tanaman.

    - Tanaman bisa tumbuh dengan cepat

    - Hemat tenaga dan waktu.

    Keuntungan dan kerugian hidroponik

    Beberapa manfaat yang bisa didapat dari hidroponik seperti:

    - Produksi tanaman lebih tinggi dibandingkan dengan cara tanam tanah.

    - Tanaman bisa terbebas dari penyakit dan hama.

    - Penggunaan pupuk lebih hemat dan tanaman lebih cepat tumbuh.

    - Dapat dengan mudah menggantikan tanaman.

    - Menyederhanakan pekerjaan dan pemeliharaan fasilitas.

    - Tanaman memberikan hasil dengan cara yang berkelanjutan.

    b. Kekurangan hidroponik

    Beberapa kelemahan dari cara tanam hidroponik antara lain:

    - Membutuhkan lebih banyak biaya di muka, terutama jika Anda berencana menanam tanaman secara hidroponik dalam skala besar.

    - Membutuhkan alat khusus. Cara tanam hidroponik masih jarang di lingkungan kita.

    - Membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus karena cara menanam tidak di darat.

    - Dan juga membutuhkan ketelitian lebih karena nutrisi untuk tanaman perlu dipantau dengan cermat.

    Jenis tumbuhan hidroponik

    Berikut beberapa contoh jenis tanaman hidroponik yang banyak dibudidayakan, seperti:

    1. Salad

    Selada merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam secara hidroponik. Tanaman selada tergolong mudah tumbuh dan banyak orang mengkonsumsinya. Maka tak heran tanaman ini menjadi pilihan hidroponik karena nilai ekonomisnya.

    2. Cabai

    Tanaman cabai merupakan salah satu jenis tanaman yang juga sering ditanam secara hidropin karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain itu cabai merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Cabai sering digunakan dalam bumbu masakan atau sebagai bahan pembuatan sambal.

    3. Kangkung

    Kangkung merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Penanaman kangkung secara hidroponik cukup mudah dan menghasilkan kualitas yang unggul sehingga banyak orang yang menanamnya.

    4. Bayam

    Selain kangkung, bayam merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Menanam bayam secara hidroponik dipastikan akan menghasilkan bayam dengan kualitas terbaik, sehingga sayuran ini seringkali menjadi pilihan untuk penanaman secara hidroponik.

     

     

    5. Mentimun

    Mentimun cocok ditanam secara hidroponik, mentimun sering dikonsumsi masyarakat indonesia sebagai menu pelengkap atau sebagai sambal. Maka tidak heran jika banyak digunakan sebagai salah satu pilihan penanaman hidroponik karena juga memiliki nilai ekonomis yang besar.

    6. Semangka

    Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi dan rasanya yang manis, sehingga banyak orang yang senang menggunakannya untuk dikonsumsi. Tanaman semangka bisa menjadi pilihan untuk hidroponik sehingga bisa menghasilkan semangka dengan kualitas terbaik.

    Masih banyak jenis tanaman lain yang bisa ditanam secara hidroponik. Tentunya untuk menghasilkan tanaman yang bagus juga harus menggunakan bibit tanaman dengan kualitas terbaik.

    (Mirzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Hidroponik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar