Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya

Daftar Isi

    LancangKuning Sebelum mengenal apa saja macam-macam pemasaran global lebih baik kita kenal dulu pengertiannya. Pemasaran global adalah segala kegiatan ekonomi seperti jual dan beli  suatu produk namun dalam sekala global, maksudnya dapat dilakukan oleh orang di seluruh dunia.

    Ada banyak berbagai strategi pemasaran global menurut berbagai tokoh didunia, jadi simak uraian berikut:

    1. Menurut Viswanathan dan Dickson

    Berpendapat bahwa strategi pemasaran global meliputi dua pendekatan yaitu, strategi pemasaran standar dan strategi pemasaran disesuaikan sesuai kondisi suatu negara tempat suatu barang dibisniskan.

    • Strategi pemasaran standar lebih menyasar pada pasar global yang sifat pelanggannya lebih suka satu produk dalam satu wilayah. Strategi ini bertujuan untuk memasarkan produk ke seluruh dunia dengan biaya yang lebih sedikit dan dengan margin yang tinggi.

    2. Menurut Levitt

    Berpendapat bahwa seharusnya perusahaan multinasional akan mempunyai pasar yang lebih kompetitif jika mereka mampu menawarkan produk secara global yang memiliki standar, diandalkan dan biaya rendah. Selain itu ia juga berpendapat, perusahaan global ialah perusahaan yang mampu menjual barang dengan biaya yang rendah di seluruh dunia dengan strategi.

    3. Menurut Vrontiis dan Trassou

    Berpendapat bahwa pendukung strategi pemasaran global standarisasi berkeyakinan bahwa kebutuhan dan keinginan semua orang di dunia hampir sama. Semakin berkembangnya zaman juga membuat kebutuhan setiap orang itu sama tanpa memedulikan wilayah masing-masing pelanggan, karena itu strategi standarisasi akan menciptakan suatu pasar yang tunggal dan biaya yang rendah karena kesamaan akan kebutuhan.

    4. Zou dan Cavusgil

    Berpendapat bahwa ada tiga pandangan dalam pemasaran global yaitu standarisasi, konfigurasi-koordinasi dan integrasi. Startegi konfigurasi-koordinasi dan integrasi berfokus pada masalah daya saing. Dalam perspektif integrasi, integrasi akan bergerak secara kompetitif dan akan menciptakan strategi yang efektif dalam memanfaatkan kompetitif. Keunggulan kompetitif dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas adalah tujuan dari pemasaran global, namun harus fokus pada isu keunggulan kompetitif.

    5. Ginting

    Berpendapat bahwa pemasaran global tergantung kepuasan dari pelanggan. Karena kepuasaan adalah hal yang dirasakan oleh pelanggan terhadap suatu objek.Seperti saat kita berwisata ke suatu tempat, apabila tempatnya bagus pasti kita akan kembali lagi di lain waktu dan inilah yang disebut persepsi.

    6. Maulana

    Berpendapat bahwa ada lima alternatif pemasaran global berdasarkan pendapat Keegan yang meliputi perluasan secara langsung. Strategi ini tidak menciptakan hal yang baru dan tidak mengubah produk yang sudah ada di pasaran dan juga cara memasarkannya juga dengan cara sebelumnya. Strategi ini cocok diterapkan pada pemasaran alat dan peralatan elektronik.

    Alternatif yang kedua ialah adaptasi produk, strategi ini dilakukan dengan cara merubah produk agar sesuai dengan pasar yang akan dituju. Namun dalam hal promosi jarangsekali yang diubah atau sama sekali tidak diubah. Strategi ini sering diterapkan pada franchise seperti KFC yang menghadirkan nasi dan McDonald yang menghadirkan Mc Rendang sebagai produknya.

    Alternatif ke tiga adalah membuat produk baru. Strategi ini dibagi menjadi dua yaitu, backward invention dimana strategi ini memperkenalkan produk baru di pasar yang baru tapi dengan memperkenalkan produk yang sudah ada dalam pasar domestik sebelumnya. Forward invention strategi dimana perusahaan membuat produk yang baru dan memasarkannya ditempat yang baru juga untuk memenuhi permintaan yang baru.

    Strategi keempat ialah adaptasi dalam komunikasi. Strategi ini dilakukan dengan cara menyesuaikan promosi sesuai dengan kondisi suatu pasar yang akan dituju.Strategi terakhir ialah adaptasi ganda dimana perusahaan melakukan penyesuaian antara produk dengan cara promosinya sesuai dengan kondisi pasar yang akan dituju.

    Lima strategi diatas harus berdasarkan pada 7 kunci utama yaitu:

    • Aspek Budaya
    • Aspek Persaingan
    • Aspek Pasar Sasaran
    • Tingkat Pendapatan Masyarakat
    • Aspek Ekonomi
    • Aspek hukum
    • Aspek standarisasi

    Contoh Strategi Pemasaran Global:

    • Kerajinan dalam negeri yang mampu mengekspor ke luar negeri.
    • Intel dan AMD yang dapat menjual processor ke seluruh dunia.
    • Perusahaan dalam negeri seperti Indofood yang dapat mengekspor produknya seperti mie, saus, kecap dll.
    • Apple yang dapat menjual perangkat elektronik nya ke seluruh dunia.
    • Uniqlo dan supreme yang dapat menjual apparel ke seluruh dunia. (Romi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar